KALEIDOSKOP STUF METAL LOKAL TAHUN 2014


KALEIDOSKOP STUF METAL LOKAL TAHUN 2014

Ditulis dan disusun oleh Herry SIC
* dan Artikel ini pernah dimuat di LOSTINCHAOS Mediazine Printed Issue # 27

Satu Kata untuk memberikan Aplaus penuh di Tahun 2014 “ AMAZING !!! “. Sepanjang tahun 2014 kita banyak menemukan Produktifitas dan Potensi Musikal Mengancam dengan bertebarannya Rilisan di Scene Metal Indonesia yang semakin maju Pesat dari Tahun sebelumnya. Memang tidak dapat dipungkiri, Fenomena yang mencengangkan ini menjadi cambuk paling berarti bagi para Musisi cadas terus meningkatkan eksistensi-nya dengan Kreatifitas dan Kualitas diantara kuantitas yang sekaligus mereka sabet disini.

Sebuah proses kreatif berawal dari sebuah imajinasi seseorang. Imajinasi adalah kemampuan seseorang untuk dapat Membiaskan Nyata dari suatu hal tentang sesuatu yang dia lihat, dengar, dan rasakan untuk diwujudkan dalam bentuk hasil karya. Kemudian Semua itu akan merangsang sebuah gagasan atau ide kreatif seseorang itu untuk menciptakan karya yang tentunya dianggap mempunyai nilai kebaruan. Lahirnya sebuah ide bisa diperoleh melalui kegiatan pengamatan. Ide juga bisa diperoleh secara tiba-tiba (ilham). Pemilihan ide menjadi sesuatu penting, karena saat pemilihan ide sangatlah berpengaruh terhadap hasil karya yang diciptakan. Memiliki  imajinasi dan gagasan saja tentunya tidaklah cukup untuk mewujudkan sebuah karya. Disini kita juga memerlukan yang namanya keterampilan. Keterampilan yang akan mengantarkan kita pada sebuah karya. Cukup menjadi catatan sederhana dari Fenomena Musisi Cadas Hari ini, tetap acungi 2 Jempol untuk Produktifitas untuk Band, Label, Zine, EO, etc memberikan Kontribusi secara Fenomenal ini meski tantangan yang mereka hadapi juga semakin Berat, Jika sebuah Keberhasilan mereka masih memiliki Momok tentang Aksi “ Pembajakan “terjadi akibat Semakin Mudah-nya Perkembangan teknologi yang tak terkendali. While the idea of not having to create art within a profitable formula is an interesting one, it’s not one that the majority of artists have the luxury of. that not only does he enjoy operating outside the box, Guys happy to let people have his music without paying for it. (Rob Zombie)

Pada Edisi ini, Gw coba ingin Memberikan Sedikit Rangkuman secara Kalaidoskopik sepanjang tahun 2014 menjadi saksi tak terlupakan dimana karya-karya Hebat serta Mengejutkan telah membuka mata dunia akan potensi Musisi Tanah Air yang makin Berbahaya setiap harinya ! Meskipun Ga secara Lengkap Gw menyajikannya disini, karena memang masalah keterbatasan TANPA mempersepsikan adanya Sikap “ Rasis “ pada sebuah Genre Cadas, Gw hanya membatasi-nya dari genre : Death, Black, Gothic dan Metal (mungkin) saja, sehingga Mohon maaf jika Genre yang tidak Gw sebutkan tidak dapat ditampilkan disini, I Stay Respect For All Extreme Independent Music ! … dan semoga Rangkuman Kecil ini dapat menambah manfaat-nya buat Metalhead mendapatkan Informasi sekaligus Referensi untuk memberikan support nyata bagi eksistensi dengan membeli Karya-karya Musisi cadas kita menjadi Pilihan yang sangat Bijaksana.

JANUARI

Pada Bulan awal tahun 2014 ini Re-Issue Ulang Album ABSOLUTE DEFIANCE menjadi Berkumandang lagi setelah Sold Out dari Pasaran yang beruntung ketika Distribution Metal Stuff sekaligus Label, Hitam Kelam merilis ulang Album yang menjadi paling Most Wanted ini sebagai Rilisan Pertamanya dalam format CD untuk “ Systematic Terror Decimation “ serta 2x kali Pressing format Kaset-nya karena permintaan yang Overload ketika awal Rilisan ini menjadi Rare Stuff sejak From Beyond Production (Sub Label dari Displeased Records) Merilis pertama kalinya pada 2002 (Materi “ Systematic Terror Decimation “ direkam ulang dengan Formasi berbeda) setelah Band ini mengganti namanya dari Awal Kemunculan pertamanya sebagai VILE (dengan Nama Vile inilah pertama pula Versi Pertama dari Materi “  Systematic Terror Decimation  “ dengan Formasi Awal ini dirilis Oleh Dementia Records) menjadi ABSOLUTE DEFIANCE setelah terjadi Masalah Serius tentang Hak Paten Nama atas Hukum dengan VILE Asal Amrik.

Album Full Ke-2 Slamming Machine HELL SKUADTortured “ dimuntahkan label asal Spanyol, Pathologically Explicit Recordings menjadi Materi yang lebih Berani dan matang sejak Album full pertamanya “ Knife of Perfect Mutilation “ tahun 2012 Via Label Asal Russia, Coyote Records. Mengusung Gaya Slamming yang dinamis serta cenderung berbeda dengan Asumsi kebanyakan Kriteria Para Slammer, Album Baru ini terbukti membawa Perkembangan baru signifikan bagi karir band. Trio Brutal Death Metal asal Malang, Jatim, HARAM pun berhasil mewujudkan Mimpi untuk melakukan Agresi Musikal lewat album Pertama “ Disgrace Satanic Brain “ secara Independen sejak tahun 2009 mengalami Penggodok’an Materi. just keeps getting better and better as it's barbaric brutality continues to become refined and perfected. Brutal Death Metal Band yang banyak membumbui Karakter Musiknya dengan Sentuhan Neoclassical Solo Gitar yang Ciamik. 


Bengkulu Blacker INFUZIA Melepaskan “ Endless War “ sebagai Debut Full pertama mereka secara terbatas, kabarnya hanya dirilis 50 Kopi oleh Lumbung Padi Records, sehingga mungkin rilisan ini hampir tidak diketahui oleh Para penikmat musical Gelap mencekam ini. Dari Semarang ada nama Unik sebagai Band metal mungkin, TIYANK NDUSUN melempar Ep pertamanya “ Second Life “ secara Independen pula menyusul Materi sebelumnya sebuah Split “ Semarang Segitiga “ dirilis oleh Long Road to Glory Record sebagai Split Kolektif Bersama TOTAL HYPNOTIST & BLOODY MURDEROUS yang keduanya juga berasal dari Semarang. When Heavy Metal Meet Extreme Core Metal !, Sehingga muncul beberapa anggapan jika Avenged Sevenfold kini eksis di Kota Semarang. Dari Batam, Riau kemudian muncul Death Metal KEJAM dengan Rilisan Ep pertamanya “ Sugesty Menuju Ajal “ secara Independen menambah Daftar Rilisan Awal Tahun 2014, meski diantaranya kurang banyak melakukan Publikasi sehingga beberapa Rilisan Otomatis menjadi Sangat Asing untuk diperkenalkan kepada Fans Musik Cadas Khususnya.

Dari Medan lalu Muncul PARGOCHY memuntahkan juga Ep Terbatasnya “ Shackles of Revenge “ secara Independen, Brutal Death Metal Muda Menantang siap Melindas dengan Aksi Musik yang cepat dan Dasyat dimana konsentrasi kita terlalu terforsir akan nama-nama yang begitu Populer karena asumsi skematis, sehingga kita kerap melupakan potensi berbahaya yang siap mengancam nantinya. Seperti membuka Kutukan yang meregangkan Nyawa BM Movement ketika Dominasi Genre Metal lain seperti sedang Menguasai, SAJEN SETAN Blacker asal Sidoarjo merilis Demo “ Jiwa Neraka “ (The Jenggala Production). Dari Cirebon Kemudian Ada POISON NOVA dengan Ep Pertama Independen “ Circle of Woe “, Serbuan Metalcore dengan Bumbu Sedap Melodic Death Metal yang Intens ! label asal Palembang, Bujang Head merilis Split 5 Band Black Metal asli Palembang untuk melakukan Konspirasi Hitamnya, KANTONG SIMAYIT, CURSE OF SATAN, FREEDOM, ROH dan JAHILIYAH dalam 1 CD “ X th Sriwijaya Darkness Monster “ secara Terbatas. Dari malang Scene kemudian Grinding Thrasher HELLCORE memuntahkan Rilisan berbagi Track Space dengan KONTRASOSIAL bertajuk “Hellcore / Kontrasosial Split dalam format CD dan Kaset yang kemudian Anarkopop Merilisnya kembali dalam bentuk Kaset. Invasi Ganas berikutnya adalah dari Makassar , NECROPSY Memuntahkan Promo CD 2014 via Brutal Infection Records. Slamming Brutal Death Menawan ini memiliki Konseptual Track Serta Sound yang mengganas pembawaannya. OMNIVOROUS dari Ciledug kemudian bikin Gebrakan Dasyat dengan “ Promo 2014 “ menjadi album full pemanasannya nanti di Brutal Mind, Brutalitas Death Metal Sadis yang Meledak ledak Hebat siap menjadi Penantian paling wajib for True Death Metal Freak !

PEBRUARI

DAJJAL, Veteran Death Metal Ganas Asal Bandung memang Tetap Menggeliat eksistensi-nya, masih penuh amarah dan Kegilaan yang membabi Buta, meski formasinya tidak lengkap lagi seperti yang gw kenal Kiprah mereka di tahun 90-an, Barock Cs ini Kembali Membombardir Death Metal kejam lewat debut full album Ke-2 Nya “ Human Dark Side “ Via Heretic Records yang mengusung Aktual Brutalisme Dajjal tetap Masih Ada ! Band Black Metal paling Produktif asal Surabaya, NICRONOMODEZ rupanya ditahun 2014 ini ga tanggung-tanggung untuk sebuah Kreatifitas tanpa batas-nya, Meski hanya dirilis dalam Format CD-R Terbatas, Album “ Thanks God for the Hell “ Mengawali 4 Full album mereka via Asal Russia, Cvlminis, Gila, 1 Tahun band ini Bikin 4 Album ! disusul dengan album “Vampiric Satan “, “ Ksatria Tak Bernyawa “ (Rotten Crowz Productions) dan “ Menarilah Murka Iblisku “, Ckckckck Syalut ….

Dari tetangga dekatnya, Krian, Sidoarjo ada SAKRALITY yang memuntahkan full album yang masih bernuansa kental Black Metal-nya “ Imajinasi Hitam “ yang dilepas sangat terbatas CD-R oleh label Independent Russia, Cvlminis. Konspirasi Hitam kemudian menjadi Momen yang tepat untuk 2 band Black Metal Kawakan discenenya, SEREIGNOS (Kediri) dan WARKVLT (Bandung) untuk bertemu dalam 1 Rilisan Ludah Production bertajuk “ Blasphemous Alliance “.MOSES BANDWIDTH Kemudian merilis Produktifitas Album nya yang kesekian juga, “ Emptiness, Loneliness, Sadness “ Menjadi rilisan Sangat matang sebagai wujud Progres Perjalanan Musikalnya, sehingga rilisan ini memang terdengar maksimal dan memanjakan sekali for Fans Fanatic Symphonic Gothic/Death Metal. Menggemparkan selanjutnya saat Band Slamming Brutal Death Metal dengan kaya sentuhan Groovy Dinamis FAILED VIRGIN memuncratkan full album berkarakter “ Beheading Reception with Vaginal Blood “ via Breeding Records sebagai Ancaman serius Death Metal Fans, dengan Musikalitas serta Sound yang sangat menendang pantat, CD pertama ini adalah yang Mengerikan for True Slammer agar tidak terlalu terhipnotis dengan Opsi-opsi Propaganda Tolol lainnya. 


Sukses menghantui dengan 2 album selanjutnya, XTAB (Akronim dari Kata “ Extreme Tendencies Animosity Brutality “) akhirnya merilis Demo “Jawara Lain Jawara “ yang mereka share gratis di Socmed untuk mengenalkan Konsep serta Karakter barunya seperti menjadi Pertanda dari Penasaran Death Metal Freak tentang Perkembangan Musikal band. Secara Mengejutkan kemudian, LORD SYMPHONY, Power Metal Band terbaik asal solo ini masih menggeliatkan Genre yang special di Scene Indonesia, selain memerlukan Skill yang Tinggi, pergolakan hebat genre ini sangat terakui dengan bermunculan-nya band2 yang mengusung karakteristik sehingga lumayan membangunkan Jawara-jawara sebelum mereka eksis untuk mengisi kembali Reunian mereka. LORD SYMPHONY hadir menawarkan sound yang distortif, Power Metal gaya Eropa dengan sentuhan Kental Etnis Tradisional jawa yang begitu kental didalamnya lewat full album ke-2 “ The Lord's Wisdom “ Via Semax Records, setelah rilis versi digital-nya, sebulan kemudian Versi Fisiknya pun dirilis. Hail Cult Indonesian Power Metal ! dari Pulau Dewata Bali kemudian gemeretak dengan Kemunculan Full Album Pertama Brutal Death Metal PUREGATION melalui “Humans Are Determined to Kill “ yang dilepas oleh label asal Thailand, Brute Productions.

Meramaikan Rilisan di Februari kemudian adalah Stoner Rock/Metal Jahanam asal Surabaya, BVAS dengan Ep “ Agresi “ via Radioactive-Force Records dalam format CD dan Kaset terbatas. Buat yang sempat demen dengan Down, Black Label Society, Crow Bar, Eyehategod ato Corrossion Of Conformity pasti akan sedikit bangga scene Indonesia Memiliki Band yang Gahar dikelasnya tersebut. DEVADATA, masih menjadi Hardcore/Thrash Metal dengan taring tajam di Jawa Timur untuk menetaskan album full ke-2 nya “Disrespect “ via Gr8day Records yang menjadi album paling berbeda dengan materi sebelumnya dimana Sepultura Cult masih Berkobar Hebat dengan Sayatan Kental Bullet For My Vallentine serta Trivium menjadi Komposisi yang Melepas dahaga sekali. Samarinda, Kaltim menyimpan Embrio Lainnya saat HATENEMY menjadi Thrash Metal band eksis memuntahkan EP pertamanya “Hatenemy - See You in Hell “ secara Independen band yang awalnya dikenal sebagai Sangkakala Beasink ini. Sementara itu Pieces Records Menyiapkan kembali Embrio Jahat Berbahaya Bandung Scene dengan Merilis Promo 2014 nya Band JARAH dengan mengusung Brutal Death Metal enerjik darah Muda Potensial yang sedang sibuk terus menyiapkan full albumnya. Forgotten Era “ Obsesi Mati “ bertemu dengan Intensitas Blastbeat Domination !

MARET

Ada banyak rilisan Death Metal sadis pada bulan Maret 2014 yang menjadi Highlight-nya adalah Bandung Super Death Metal Groub KALUMAN, setelah sangat memukau lewat Promo-nya, Kali ini secara Independent memuntahkan Debut Self Titled pertamanya, Brutal Death Metal Inovatif yang terasa kental banget elemen Slam Groovy sedikit meredakan Penat kita yang terus digempur dengan suguhan Death Metal cepat serta serba Membombardir ! Sajian Istimewa yang terasa sempurna Membuat suasana lebih Kondusif dan dijamin terisikan dengan Slam Moshpit Area gila-gilaan adalah Obsesi Utama Genre yang KALUMAN Usung ! Kemudian dari Nganjuk scene Muncul HELLRAIZER dengan debut full album ke-2 Nya “ Disclosure of Cosmogony : Dawn to the Ruination “ via WAAR Production, menjadi Letupan Materi Hebat yang akan menyita Perhatian Death Metal fans Dinamis serta Mengejutkan ! dengan materi yang lebih matang dan berani, salah satu Potensial Band yang dimiliki Nganjuk scene emang berani tampil “ Beda “ dengan Eksotis Musikal diatas rata-rata nya. 


Hentakan beat Musik yang cepat senantiasa Menyerang Membabi buta pada Ep Pertama Bagi Ujung berung, Bandung Death Metaller yang mengharamnkan Slowly Tempo, CANNABIES melaju cepat dengan “ Green and Noxious “ Rilisan Brutal Mind, sungguh ini siksaan nyata untuk para pelaknat ! Rilisan memukau selanjutnya adalah Full Album pertama Slamming Brutal Death Esensial Suicide of Disaster dengan “ Evisceration of Pregnant Abdomen “ adalah amunisi 30 Menit pembantaian biadab via label Asal Jerman, Rebirth the Metal Productions, cukup melumuri darah kental berserakan dilantai saat menikmatinya. Lalu ROH SESAT dari Tangerang mengenalkan Demo Kaset Black Metal pertamanya “ Nama Kekasihku Black Metal “ lewat Smart Label asal Ukraina, Depressive Illusions Records cukup menimbulkan aroma sporadik untuk True Blacker saat menikmatinya. Dari Kota Wisata Batu, Jawa Timur kemudian INTRACRANIAL PARASITE memuncratkan promo 2014 sebagai agresi maksimalnya mengusung Slamming Brutal Death Metal Intens dengan Komposisi paling berdarah-darah ! Ancaman dari Scene Kecil rupanya jangan pernah kita Anggap sebelah mata Potensi dasyatnya !

Salah satu Geliat Eksotis dalam Genre Power Metal kemudian akan dimanjakan dengan Suguhan Video Eksklusif dari UMBRA MORTIS yang Oleh Air Tuhan Production Persembahkan dalam Format DVD, bagaimana Power Metal Fans bakalan dimanjakan sekali dengan suguhan Performance band potensial yang berubah haluan dari Black Metal Style ke Power Metal beberapa Tahun silam. Dari Pulau Garam, Madura kita harus waspadai Eksistensi Death Metal Potensial SICKLES yang merilis Independen debut EP perdananya dengan suguhan Musik yang cepat dan enerjik. Imej yang Madura banget sangat diperlihatkan pada Cover Art-nya, Skill serta Komposisi musik yang menarik siap menjadi sajian yang menggorok Leher kita dengan Celurit Tajam mereka. “ Sketching the Holy Blood “ dari FEMUR Menyusul kemudian mewarnai Decak Kagum Death Metal Movement tanah air semakin Bersinar kembali dengan Rilisan-rilisan yang diperhitungkan ! dengan Talenta serta Obsesi Maksimal, Pantas memang Debut Independen pertama mereka menjadi Masterpiece terbaik. Dan Kaset Ep Ke-2 dari Progressive Death Metal asal Ibukota, KREMATIST “ Krematology “ menambah Kehancuran Massal di Bulan Maret 2014.

APRIL

Digegerkan dengan materi Full Dasyat Ke-2 Jakarta Most Potential Death Metal CARNIVORED lewat CD “ No Truth Found “ yang mereka rilis secara Independent sangat Menggoyang Industri Musik Cadas Bawah tanah dengan Debut mencengangkan mereka ini, disusul dengan rangkaian Tour Panjang telah menambah Populeritas band. Materi yang Sangat Matang dan Dinamis ini seperti sedang Menyihir Hebat sekali Death Metal Fans saat Menikmatinya. Kemudian Album Ke-7 SIKSAKUBUR menjadi the Most Wanted and Waited untuk para fans fanatiknya tetap memberikan sajian Fresh Brutal Death Metal cepat yang membabi buta gila-nya ! perjalanan panjang serta produktif bagi SK memang terbayar disepanjang karir mereka menjadi lebih disegani. Masih ditangani secara Independent via label yang mereka kelola sendiri, Podium Music, SK hadir sebagai Mimpi Buruk dengan terror mematikannya ! 


Air Tuhan Production Kemudian kembali menambah List Rilisannya dengan Melepas Split “Asian Blackness Orchestra “ yang melibatkan 5 Black Metal band NEKRAD (Malasya),  IMMORTAL RITES, CROXOUS, AJAL (Malasya) dan HELLDUST dengan 45 menit yang akan membuat gelap Atmosfir hatimu, Arrrghhhhh !!! dari Pulau Dewata, Bali kemudian PARAU kembali membuat perhitungan serius dengan Full Album ke-2 nya “ Ragenaissance “ tetap meracik Musikal Konsep Death Metal cepat dan Mendominasi dengan sangat powerfully, setingkat lebih menendang Mungkin dengan sebelumnya, dan Armstretch Records telah menjatuhkan pilihan tepatnya kepada band Potensial ini. GRINDBOROKS lalu kembali memamerkan Demo Barunya “ Rehearsal of Death “ masih dengan sengatan Death/grind yang menampar ! Folk/Pagan Black Metal asal Jakarta, MORTAL ADULLOUIS dengan Ep Pertama “ Battlehymn from the Asgard Thrones “ via Malasyan label Night Art Production, lebih memberikan warna menarik dibulan April 2014.

Debut paling Menggoda April selanjutnya adalah milik Jakarta Death Metal Frontal, ABHIRA, menyuguhkan Death Metal yang berani dengan Progres Musikal yang surprising banget lewat Promo CD 2014 yang dirilis via Brutal Infection Records sebagai Pengakomodir Full Albumnya nanti, Dipastikan memang jika Materi Full album ABHIRA memang menjadi sesuatu yang Menyita Konsentrasi ini siap banget ditunggu ! lalu dari Bogor ada PROPAGANDA melepas Promo 2014 masih menawarkan Nuansa Brutal Death Metal yang Meledak ledak ! sementara dari Manado, Ada SABAOTH yang menyuguhkan Promo Series nya Via Dismembered Extreme Metal Stuff sebagai Foreplay Materi Full album mereka yang saat ini sedang persiapan untuk dirilis, Brutal Death Metal yang cepat dan Liar semakin menambah daftar Hitam band2 Yang siap menjadi Ancaman baru ! FREEDOM, Black Metal Band asal Palembang juga merilis Split Album dengan kawan setongkrongannya ROH. Dari Jakarta timur ada ABGOTTER dengan Demo pertamanya, Blackened Death Metal ala Behemoth Begitu kental Menghajar tanpa ampun !

MEI

May Devastation dipanaskan dengan Rilisan Ulang (Re-Issue) dari Legendaris Brutal Death Metal ROTTEN CORPSE untuk Masterpiece terbaik Sepanjang masanya “ Maggot Sickness “ yang pertama rilis dalam bentuk kaset pada tahun 1996 Oleh Graveyard Production telah menjadi rekaman Pertama untuk kelas Band Death Metal untuk Menggunakan Sistem Full Track yang pada tahun 90-an, sehingga Kombinasi Skill dan Sound yang Gahar begitu memorable meski rekaman ini telah berusia 18 Tahun ! sebelumnya pernah dirilis dalam format CD oleh Ultra Hingax Production (Malasya) dan setelah itu RC seperti hilang ditelan bumi setelah Konflik Intern Hebat Melanda Band ini meski dikabarkan sempat akan Reuni dan Membuat album ke-2, namun khabar tersebut tidak menjadi nyata, “ Maggot Sickness “ kemudian menjadi rare Stuff ketika banyak kolektor memburunya sehingga Harga Fantastis untuk rilisan ini terjadi, kemudian Undying Music meremaster Ulang Materi ini dan Merilisnya dalam Format Kaset dan CD, pada press release sebelumnya, Preorder Re-Issue ini diluar dugaan, Masterpiece dari tahun silam ternyata masih memiliki Taring yang Luar biasa digemari kembali oleh lintas Generasinya cukup membuktikan ini adalah Masterpiece Lokal terbaik sepanjang masa.

Indonesia Scene menambah lagi Label yang antusias untuk rilisan lokal khususnya Genre Black Metal, lahir Persetan Records yang langsung memuntahkan 2 Amunisi Briliannya dari KURUSETRA untuk Album “ Embrace the Eastern Ground “ dan Ep EX INFERISAngra Mainyu “ yang sebelumnya tidak pernah dirilis, Meski Materi Lama namun Kualitas 2 Band Bandung ini tetaplah yang terbaik ! dari Bekasi Kemudian Muncul One Man Project Berbahaya, PERVERTED DEXTERITY yang melepas full album pertamanya “ Primitive Scene of Inhumanity “ via Brutal Mind terbukti banyak melirik perhatian Death Metal Fans akan Ide Kreatif Seorang Musisi Muda Januaryo Hardy meramu Death Metal adalah Masterpiece cemerlang yang pernah dimiliki Indonesian scene. Dari Bandung lalu ada ENTRAPMENT PUTRIDITY, Brutal Death Metal new comer kejam ini memuntahkan Promo CD 2014 menambah Epidemi Brutal Musik yang meledak-ledak sebagai Virus Mematikan ditahun 2014. Veteran Brutal band asal Cirebon, NAMRUZ kemudian melepas Ep “ Tanah Suci Kepalsuan “ sebagai Rilisan barunya sekaligus menjadi Penantian panjangnya setelah Album pertama “ Taedium Vitae “ ditahun 2004. dengan Musikalitas yang lebih matang dan tertata, Eksistensi mereka memang tidak akan berhenti !


GODZICK, Brutal Death Metal enerjik asli Sukabumi Berhasil merangkum karyanya dalam full album Pertama “ Resurrection “ secara Independen. Menjadi yang paling menyita perhatian gw Pribadi adalah Ep pertama Band Brutal Death Metal Potensial, MANROBBUKA asal Kediri yang memasukkan elemen Egyptian pada Harmonisasi Riffing dalam Beat musik cepat dan Menderu-deru Hebat, Simak Ep “ The Almighty One “ rilisan Earblast Records (Malasya) adalah Ancaman serius dimasa mendatang, Yang Muda yang berbahaya !!! Surabaya Black Metal Pioner, EMPTYS melepas Karya baru mereka untuk disandingkan dengan Singapura Black Metal ABVULABASHY dalam Split “ Apokalyptik NuklearWrath Kommandos “ yang dilepas oleh Label negeri jiran, Malasya, Malaysia the Darkness Productions. Dari Jakarta Timur kemudian ada STERILL BISSING, Blackened Death Metal Hitam yang akhirnya berhasil mewujudkan Mimpi buruknya menjadi sebuah Debutan Mematikan meski rilis terbatas secara Independen, Ketika Belphegor, Mayhem dan Behemoth menjadi Kombinasi kelam yang menenggelamkan terang? “ Interminasi Ambisius “ adalah Jawaban dari mereka !

Sajian Atmospheric Doom/Black Metal Yogyakarta MAUR dengan Demo “ Elegy “ Kemudian jadi Suguhan Hitam di Bulan Mei. HEADCRUSHER, Thrash/Heavy Metal Surabaya memberikan Feel Fresh dengan Mengusung Konsep Perpaduan Kuat antara Slayer, Anthrax, Megadeth, Motorhead, Municipal Waste, Violator, dan Overkill, disaat scene Indonesia terdominasi oleh Extreme Metal Genre Populer, Ep pertama “ Keos “ adalah suguhan yang asli menyegarkan ! masih dari Surabaya, Industrial/Dark Ambient, Black Metal Paling Produktif ditahun 2014, NICROTEK merilis juga Album terbatas “ Wolf Without Conscience “ diantara 4 album lainnya. Bergeser ke Barat Surabaya, Sidoarjo, Ada Gothic Folk Metal Unik mungkin konsepnya, Sentuhan Folk-nya disini ditekankan pada Karakter Etnis Vokal Cewek yang berbeda serta terasa Religius dari kebanyakan genre yang mereka usung, BEAUTY OF BLOOD dengan Full Album pertamanya “ Menuju KeagunganMu “ secara Independen siap memberikan Sajian yang Unik dan Menantang !

Dan Sepertinya ada banyak dibulan Mei dengan rilisan Gothic & Black Metal, ANASTASYA, Symphonic Gothic/Power Metal Asal Jakarta ini menyuguhkan Konsep musik keren lewat full album pertamanya “Diary from Darkness “ yang dirilis oleh Garasi Rebel Records. Meski Genre ini tidak begitu Populer di Tahun 2014 jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, Percaya banget, jika suguhan Kualitas Musikal mereka adalah yang terbaik sekaligus alternatif menyegarkan banget ! memiliki nama yang unik untuk sebuah band Extreme Metal, BRHOBOSAN asal Boyolali, Symphonic Gothic/Doom/Black Metal ini memecahkan Kesunyian mencekam dengan Ep Baru mereka “ Meniti Asa “ Via The Trve Production. Lalu Javanesse Black Metal Pioner Sidoarjo, SACRIFICE kembali Memuntahkan Ep Terbarunya “ Sejatine Ingsun “ sejak eksistensi mereka tahun 1998 bukan isapan jempol jika mereka tidak mengenalkan karya Hitam berkualitasnya REDS Production dengan Kemasan yang menarik.

Medan Scene Punya Reaksi Signifikan akan Eksistensi Extreme Musicnya, MUNTAH KAWAT berhasil memuntahkan pula Debut full album ke-2nya “ Metal Medan “ via Fun Records, Masih menyuguhkan Aroma Brutal Death Metal Powerfully dengan formasi Fresh-nya tetap membuktikan Kualitas terbaik adalah Obsesi tak tergantikan dalam sebuah Eksistensi. Death/Grind Produktif asal Ciledug, AFTERSUNDOWN untuk kesekian kali melepas rilisan dan Album terbaru dalam format kaset sangat terbatas “ Mind Lost “ via Triple D Records sebagai Agresi Kebenciannya. Ketika Pig Destroyer bertemu dengan Mastodon untuk kemudian Konspirasi dengan Gride dan Phobia membuat Penghancuran ! dari Batam, Riau kemudian muncul nama FORGIVENESS BEFORE DEATH, Death/grind Eksplosif mengenalkan Full Album Independen perdananya “ Metamorfosis Jiwa “. NEBUCARD NEZAR kemudian menjadi Gebrakan yang berani serta Unik pada Imej Band mengusung Warna Death Metal Kompleks dengan Female Vokal, Lirik2 Khas Asal mereka, Banyumas menjadi karakteristik dibeberapa title Track termasuk tajuk Album perdananya “ Koe Sengit Karo Aku Yach??? “ cukup memberikan setengah jam durasi Hiburan indera dengar yang menyegarkan dibulan Mei. BANISHET, Jakarta Thrasher ini akhirnya berhasil memuntahkan Debut Ep Pertamanya “ Ambisi Berujung Mati “ via Nazarock Production yang merilisnya secara Lagu (lagi) Terbatas saja. Dan INFEKSI Kemudian Menyudahi Chaos May-nya dengan Ep “ Infected Carcass “ dirilis secara Independen sangat terbatas. Brutal Death Metal asal Palangkaraya, Kalimantan tengah ini terus menambah geliat scene Borneo Island dengan Debutan band berpotensi.

JUNI

Bulan Juni menjadi begitu berdarah ketika The Most Blastbeater Sadis DIGGING UP Berhasil memuntahkan Full Album pertamanya “ Disseminated Inapparent Infection “ Via Disembowel Records setelah sekian lama materinya sendiri mengalami Penggodokan matang, sehingga tidak heran jika Konsep album ini begitu diperhitungkan Kekuatan dasyatnya ! Jika Bandung Scene Terlalu didominasi dengan Blastbeat Band, Tentu DIGGING UP adalah Sang Pembantai mematikan berikutnya ! Setelah itu ada Salah satu Veteran Death Metal yang tertidur sekian lama dari Kudus Scene, Yupz CEMETERY hadir membuat Penghancuran selanjutnya dibulan Juni dengan Ep Extra Membunuh-nya “ Omnipotent Pyramid Poem “ yang dilepaskan penuh oleh Veteran Metal Label yang juga baru kembali dari Tidur Panjangnya, Stillborn Sounds ! Ep Pemanasan menuju full album mereka selanjutnya disaat eksistensi tidak akan pernah terganti. Kemudian salah satu Dedengkot Death Metal asal Makassar Scene hadir menggunakan Nama Baru sebagai Eksistensi Barunya, CRITICAL DEFACEMENT melupakan kemarahan pertamanya dengan CD Full pertama “ Crime of the Century “ via Brutal Infection Records. Sungguh ini adalah Siksaan Absurd diantara Kemaran dan Kebencian dalam Refleksitas Emosional Manusia pada Titik Nadir ketimpangan social bermasyarat. Suguhan Dominasi Part musical yang sangat cepat menjadi Hidangan Utama yang tidak mengenal Perikemanusiaan !

Sementara dari Manado Scene Muncul HELLSING dengan Demo pertamanya “A Sinister Declaration of Fire (raw version) “ yang dilepas oleh label Asal Ukraina, Depressive Illusions Records dengan format terbatas hanya 66 Kopi saja. Seperti tidak mengenal Batasan Produktifitas dalam Kreasi bermusiknya, Industrial/Dark Ambient, Black Metal Paling Produktif ditahun 2014 ini, NICROTEK melepas 2 album-nya sekaligus “ Malleus Maleficarum “ Via Harsh Production dan “ When Heaven Became Dark ‘ Via Label Swedia, Salute Records meski hanya dalam Jumlah terbatas. Kemudian New Talent Potensial asal Bandung Death Metal, DEPRAVITY SAVAGE memuntahkan Debut full album pertamanya “ Merancang Neraka “ menjadi Agresi Liar dan Terkendalinya lewat Label Metal Veteran Indonesia, Extreme Soul Production yang Mengakomodir Kemaran mereka menjadi sesuatu yang lebih Menggigit Mati Death Metal Freak Dengan Sajian Musikal yang berbahaya ! dari Pamulang, ada CYTOTEC mengenalkan Karir pertamanya lewat Ep “ Born to Rot “ dengan Serangan Cepat Death Metal Brutal-nya. OMG, Detak Irama Jantung Gw dibikin Ga Stabil dengan Sajian Musik yang didominasi dengan Fast part yang Kejam !

Bukittinggi, Padang memang sempat punya band Seganas TOTAL RUSAK, meski Kesibukan dan Kepentingan baru sehingga eksistensi band paling disegani di Sumatra Scene ini melanjutkan Reinkarnasi Kepada Generasi Penerusnya, EXPLODING THE CRANIAL ! hadir menggantikan Kegilaan Para Seniornya dengan melepas full album pertama “ Colonization Machine Killers of Morals “ via Dead Rebel Records cukup mendapat Respon positif meski band ini masih minim Jam terbang-nya. Sementara dari Bekasi, muncul GARGANTUAR dengan Murka Jahatnya melepas Ep Perdana “ Born “ secara Independent ! Brutal Death Metal yang cepat dengan Atmosfir Hitam menjadi suguhan yang mencekam. Berbicara tentang sesuatu yang mencekam, sepertinya Manado langsung melepas Amunisia kelamnya dari DURHAKA untuk CD Kedua “ Black God Crusher “, Pioner Symphonic/Melodic Black Metal Terbaik yang dimiliki Manado Scene ini akhirnya harus merasa puas dengan terbayarnya mimpi hitam mereka ditahun 2014, sebuah album yang sarat dengan Simponi kegelapan ini menjadi yang paling Menarik setelah melewati Masa yang panjang untuk dapat dirilis. Dari Kediri, SPEEDY GONZALES Mengamuk berbagi Konspirasinya bareng WARTHOLE melancarkan agresi Grinding Musik Bertajuk “Splitted Death II “ via Hit and Burn Record dalam format Kaset yang kemudian Format CD nya dilepas oleh Resting Hell Hellish Industry.


Juni Menjadi Lebih Membara lagi Ketika, Bandung New Most talent Berbahaya, CREMATOPSY Memuntahkan Karir pertama bergigi tajam untuk Mengusung warna Teknikal Death Metal yang signifikan yang mereka kemas dalam Ep terbatas via OmegaWave Records “ Admonition “ cukup membuat Decak kagum Penikmatnya, sehingga full album mereka menjadi yang paling layak menjadi Most Waiting list Death Metal Freak ! ga jauh dari Bandung, tepatnya di Sumedang Muncul MEPHISTOPHELES dengan Ep Sadisnya “ Eternal Suffering “ Kemudian menjadi Trademark Death metal Bahaya dibawah Roster bender WAAR Production, When Brutal Death Metal with Domination Blastbeat Part has Attacking ! Kemudian dari Barabai Kalimantan Hadir REDESEKRATION, Black/Death Metal One Man Project ini Memuntahkan Kegelapan lewat Full Album Pertama “ Ruins of Eden “ yang ditangani oleh Roh Jahat Production. Dan SAQAR dari Jakarta kemudian mengejutkan dengan mengenalkan Promo CD untuk Materi Full Album Berbahaya mereka “ Ortodoks “ dipercaya menjadi Rival paling berat untuk nama ANTITHESIS Serta REVENGE dengan musikalitas extra menendang keras Poser Death Metal. Sajian Musikal yang Kompleks nan cepat memberikan Kontribusi Death Metal Scene Tanah air semakin lebih Mengerikan !

Kegelapan seketika menghampiri pada bulan juni ketika White Metal dengan sentuhan Kuat Avantgarde metal Pioner, KEKAL bersama Persetan Records merilis kembali Masterpiece terbaik mereka yang telah menghilang dari pasaran dan menjadi Buruan wajib para Kolektor, “ Beyond the Glimpse of Dreams “ akhirnya dirilis kembali Full album dan Sejarah Awal Band dengan kemasan berbeda setelah dilepas pertama kali dalam format kaset oleh THT Productions, kemudian beberapa bulan kemudian Candlelight Productions dan Sonic Wave pada Tahun 1998 merilis ulang dalam format CD dan 2014 ini Persetan Records merilis kembali dengan Tambahan materi Demo “Contra Spiritualia Nequitiae “ serta Track yang belum mereka Publish, seperti memberikan sengatan hitam yang mencekam dari perjalanan Karir musical agresif mereka. Nuansa Hitam selanjutnya adalah dari KEMBANG MAYANG, Gothic Black Metal asal Nganjuk, Jawa Timur ini melepas Full Album pertamanya “ Hening Kahuripan “ Secara Independen dengan Jumlah Sangat terbatas sekali. Dari Ciamis kemudian hadir Band dengan Style menarik, BUDAYA SAKRA yang menggabungkan Folk Metal dengan Gempuran Brutal Death Metal melalui Ep Pertama “ Nuswantara Digjaya “, bisa Kebayang jika Scene Kita punya band yang siap Membawa Tradisi Kental Javanesse kita ke kancah Internasional ? Irama Kontemporer berpadu dasyat dengan Gempuran Death Metal yang Beringas ! Symphonic Gothic Metal Asal Sidoarjo, KERETA KERAMAT kemudian mencoba berbagi Cakram Padat dengan Temen setongkrongan, Symphonic Gothic/Black Metal ENDLESS LOVE untuk melakukan Konspirasi dengan Label Mindless Production merilis split CD “ Endless Love in a Train Sacred “ dalam Jumlah terbatas.

JULI

INTERNAL AMPUTATION dengan “ Abortus Iminens “ Via WAAR Productions Membuka Lembaran berdarah Juli dengan debut full For Slam Death Metal Lover ! Kwartet Potensial asal Klaten ini lebih menawarkan sentuhan slam yang Dinamis dengan Pengaruh berat Pioner Total Fucking Slam Internal Bleeding, sehingga Kesan Monoton slam yang kurang dipahami dengan beberapa Musisi harus terpenggal persepsi-nya dengan typical yang mereka mainkan. Sementara dari Banjarmasin Kalimantan, DEATH CEREMONY lebih membabi buta dengan Ep “ Paradoksal “ yang mengusung Death Metal cepat, Dinamis serta Solo2 Neoclassical ! kemudian dari Tetangga sebelahnya, Palangkaraya muncul STRIKES BLOOD, One Man Project dengan konsep Death Metal pula coba memecahkan Ketenangan Hutan Borneo dengan hentakan Musik Cepatnya, “ Thousands Kilotons of Rotten Torsos “ menjadi saksi Hidup Nyata jika Scene Kalimantan mulai diperhitungkan !

Dari Bukit Tinggi Sumatra Barat, Trio Goregrinder CIPOTOK kemudian coba membangkitkan Kekuatan Berdarah Irama Goregrind yang saat ini seperti sedang tertidur sejak Terbenamkan Booming Death Metal cepat dan Dinamis, dengan Idealisme serta Santainya Berkarya, Goregrind memang tidak istilah Matinya bagi mereka, Lewat Full Album Pertama dengan musical yang patut dilirik “ The Final Level of Satisfaction of Lust “ siap menjadi Geliat berbahaya dari Kota yang terkenal memiliki Jam Gadang sebagai Icon-nya. Dirilis secara Independen terbatas, Gw Jamin Musikal Mereka tetap Nikmat dikonsumsi dalam segala Mood, apalagi dengan Komposisi yang Unik serta Mengusik ! dari Blitar, Jawa Timur Muncul Juga INVERTED dengan Ep Pertamanya “ Budak Nafsu Setan “ Via Rotten Records, Brutal Death Metal yang Cepat seperti menjadi Instrumen penyiksaan berat dengan beat2 mereka tak mengenal Tempo Mellow. Sementara Metalcore Surabaya GLORIOR, memuntahkan Debut Ep Perdana “ Glory or Death “ sebagai Amunisi Eksistensi tak terkendali disaat Serbuan Booming Deathcore ataupun Post Hardcore masih keras menghantam !


Depressive Black Metal masih menjadi beberapa Style yang cukup idealis bagi beberapa Individu, seperti halnya duo band asal 2 Daerah, Jakarta & Manado, SUICIDE THEORY mencoba menuangkan Ide Berbeda dari Band yang mereka eksis lebih bernuansa beda lewat Demo Ke-2 Nya “ And Our Black Wounds Still Remains Silence... “ Berasa kita terkurung dalam Hitam dan Jiwa kian Hancur karena Depresif yang semakin menekan ! Agak sedikit berbeda halnya dengan Sludge/Doom Metal/Post-Rock Asal Palembang, CLOUD yang dengan Female Frontman-nya menuangkan Ide2 Puitis Desperatif-nya lewat Ep “ Sound of the Dead Leaf “, mungkin memerlukan Idealisme tersendiri untuk menikmati Konsep yang mereka tawarkan disini.

AGUSTUS

Agustus Berdarah !!! Bisa jadi menjadi sebuah Ungkapan yang lebih pas disaat beberapa rilisan keren paling dinantikan banyak bertebaran dibulan tersebut ! 8 Tahun Bukan Waktu Yang Singkat untuk Godfather Death Metal-nya Jogja, DEATH VOMIT, dimana Eksistensi mereka Masih tetep Terjaga sejak 1995 untuk Semakin Mematangkan Masterpiece " Forging A Legacy " sebagai Pusaka Death Metal Album terbaik Scene Tanah Air ditahun 2014 ini sejak full album perdana " The Prophecy " Tahun 2006. Sekaligus menjadi Bukti Kuat bagi Jawara ini tetap sebagai The Most Waiting Stuff sejak absen Produktif karena padatnya Jadwal Perform dan Formasi. masih Tampil Trio Era album " The Prophecy ", Death Vomit (DEVO) kembali Menunjukkan Taring Tajam-nya dengan full Album Ke-2 " Forging A Legacy " sebagai Album yang didedikasikan Penuh untuk Almarhum Vokalis Dwi Wulan Agung Widodo adalah spirit and Attitude Devo ! Sejak Press Release Album baru di Posting, Memang Animo luar biasa kemudian menjadi Bagian yang Fenomenal Jika kemudian album ini langsung sold Out dibeberapa Reseller & Distro untuk menjadi Perburuan Death Metal Freak ! Sebuah Daya Tarik Magis yang Dasyat ditampakkan saat Monster Death Metal Terbaik Tanah air ini terjaga sejak 8 Tahun ! dan saat Sebelum dirilis, Devo Sempat memperkenalkan 2 Lagunya " Redemption & Transgression " terkemas dalam Promo Demo 2011 yang lalu di Rilis oleh Label asal Australia Xenophobic Records yang digadang2 akan mengerjakan Materi Full Albumnya setelah sukses Merilis " Venomous " nya Burger Kill Tahun 2011, hingga akhirnya Devo lebih mempercayakan Materi " Forging A Legacy " kepada Label Metal Produktif dan Berkembang asal Bandung, Armstretch Records sebagai Opsi Final-nya. in any way straightforward forced of ironic stylistic dissolution and self-dissolving is uneasy and uncomfortable. The entire record is unmatched, though. More cohesiveness and hooks they gain in simple intensity Character. Kemudian setelah itu Ada BLEEDING CORPSE yang memuntahkan Full Album Ke-2 “ Condemned to Suffer “ yang kali ini ditangani oleh Groupies Merch cukup membayar Kerinduan Mahal akan Pioner Death Metal Brutal Populer asal Bandung sejak namanya mengharum lewat Album pertama “ Resurrection Of Murder “ Tahun 2008, kali ini membawa Frontman Icon yang Legendaris Namanya, Yadi Behom (Ex. Jasad & Ex. Motordeath) untuk mengisi Posisi Vokal rupanya telah membawa warna baru tersendiri terhadap BLEEDING CORPSE yang dipastikan melahirkan opini-opini baru terhadap progress musikalnya. Masih dari Bandung, Muncul Jawara Death Metal Sadis DEVORMITY sebagai Pelumat Baru dikancah Death Metal, melempar full Album pertama “ Revolusi dan Agresi “ yang sekaligus menjadi Penghormatan Terakhir untuk Sang Vokalis, Jek sejak Ditemukan Tewas Mengenaskan dalam sebuah Kasus Pembunuhan, menjadi Ironi yang sempat membelenggu panjang, Akhirnya Extreme Soul Production berhasil mewujudkan Persembahan Terakhir Almarhum Jek sebagai Masterpiece terbaik di Tahun 2014. Brutal Death Metal yang Kaya dengan Slam Groovy Keren lebih menawarkan Sihir maut tersendiri bagi Audience saat menikmati setiap beat-nya Fantastis-nya.

The Monster Is Back !!! Era 90-an tentu Scene Tanah Air tidak akan melupakan Kembali Eksisnya GRAUSIG sebagai Pioner Death Metal sejak terbentuk telah banyak menggoreskan Catatan sejarah Death Metal Indonesia, meski saat ini hanya menyisakan Drummer sekaligus Frontman Orisinilnya, Denny, GRAUSIG Masih membuktikan Darah Death Metal masih mengalir Kental dalam Pembuluh darah mereka. Mengenalkan Formasi Baru dengan Single Independen “ God's Replicated “, Menjadi sebuah Spekulasi menantang bagi Denny tetap mengibarkan Bendera Kuat Death Metal yang Berkualitas ! dan nyatanya GRAUSIG Masih memiliki tempat terbaik dikelas-nya. Dari Jember Scene, kemudian Nama PANTHEON sepertinya sudah tidak asing lagi diera 90-an, memutuskan untuk kembali eksis, akhirnya membuahkan Impian Yang menjadi nyata bagi mereka untuk melepaskan “ Revolusi Konflik “ via BloodWave Records sebagai Eksistensi Barunya yang semakin Liar menghajar ! dan dari Malang sendiri akhirnya bisa kita Dengarkan Full Album Pertama Pioner Death/Grind Lawas, PREDATOR lewat “ The Day of Massacre “ secara Independen sejak Band ini terlahir tahun 1993 dari barisan Komunitas yang Dulu gw kenal sebagai “ Brigade Longhair “, Meski Usia tetap tidak menjadi penghalang bagi eksistensi yang begitu mendarah daging.

Invasi Modern Sound rupanya juga tengah menghantui Audience pecinta kualitas saat Salah satu Potensial Band baru dengan digawangi nama2 yang sudah dikenal lama, NECTURA, bentukan beberapa Ex. Member dari BESIDE mencoba peruntungan baru dengan mengusung Konsep yang kurang begitu diminati karena memang menuntut banyak Skill serta Kualitas diatas Rata2 memainkan Melodic Death Metal Modern In The Vein Soils Work, In Flames, At The Gates hingga The Haunted menjadi tantangan tersendiri. Lewat Full Album yang paling ditunggu2 “ Awake To Decide “ via Off The Records, band ini membuat banyak mata terpana dengan Konseptual Berkualitas yang mereka mainkan. Sementara itu dari Pekanbaru, Riau, Nama MALTREAT DEAFEN bakal menjadi Monster baru Death Metal yang di segani ! Meski mengusung nama Baru, All Metalhead Tanah Air tentu tidak melupakan nama Dedengkot Pekanbaru Scene saat itu, SARCASTIC ! ini adalah Bentuk baru yang siap memekakkan telinga lewat Full Album pertamanya “ Perpetual Ruination “ via Freshblood Management, Inilah Death Metal Kompleks yang paling ditunggu-tunggu ! Cianjur Brutal Death Metal OTAK MEUSUM Melepaskan Promo 2014 sebagai Taring pertama mereka di kancah Death Metal yang kian panas !


DJIWO, Side Project Black Metal Band MAKAM Mencoba menawarkan Style serta Sound Black Metal yang Lebih Raw dan Rapuh lumayan mengingatkan akan kemunculan pertama Pure Black Metal Band, dikombinasi dengan Kultur etnis jawa yang begitu kental melahirkan Ep “Cakra Bhirawa “ Via Persetan Records sebagai Suguhan Etnis Black Metal yang terasa Cult Banget ! dari Banda Aceh kemudian muncul kembali Pioner band metal lawasnya, CRONIC tetap eksis mengusung Death/Thrash lewat debut full album pertama sejak terbentuk 1999 adalah penantian panjang yang terbayarkan dengan “ Dimensi Berganti “ via Mask Production meski sebelumnya sempat tercerai berai saat bencana Tsunami Tahun 2004. Jakarta punya Female Grindcorizer lagi, BLOODY MORTIR mengenalkan serangan perdananya lewat Ep Independen “ Agression of Grind “, Agresi Para Kaum Hawa Semakin liar saja dan semoga bukan sekedar Angin Sesaat saja menjadi Sebuah Idealisme. MEGALITIKUM dari Bogor melepaskan Promo CD Demo 2014 menuangkan Kebencian mereka lewat alunan Keras Metalcore yang ekspresif dan lebih berani !

ZABANIYAH, Cijantung Black Metal meluapkan Amarah kegelapan dengan Sajian Black Metal yang cepat dan Ganas yang terangkum dalam Full Album pertama “ Ekstatik “ secara Independen dengan Jumlah terbatas. Meskipun masa lalu bukanlah satu-satunya inspirasi, hubungannya dengan masa lalu kemudian lebih bersifat sentimentil dan reproduksi yang dijunjung tinggi, yang menghasilkan sebuah ikon dan sebuah romantisme kejayaan serta menawarkan rangkaian variasi selera dan gaya tanpa batas. menapaki sebuah Perjalanan Karir Bermusik tentunya tidak Akan melupakan sebuah Proses Awal yang mengayuh panjang kemudian dalam Perkembangan, meskipun akan terlalu sayang banget untuk dilupakan, karena ada banyak yang mesti diceritakan kembali tentang sebuah perjalanan Karir itu sendiri, TRAUMA menjadi salah satu Godfather Death Metal tertua di Kancah Metal Tanah air sejak kemunculannya Tahun 1992 bukanlah sebuah cerita pendek untuk diceritakan kemudian kepada Generasi sekarang. telah mengalami Bongkar Pasang Formasi serta regenerasi, Trauma tetap membuktikan Sebagai Band Death Metal yang tetap Aktif dan Produktif hingga saat ini. Kebetulan Sekali Gw banyak mengikuti perkembangan band ini, sehingga Untuk Menikmati Karya yang " Vintage " bagi Trauma sendiri di " Incomplete Damnation (Demo and Live Tracks 1996-1997) " adalah sebuah Persembahan Wajib untuk Death Metal Fans Kenali kembali Flesbek serta Retrospektif Karir Bermusik mereka sejak awal. Playloud Records mengemasnya kembali beberapa rare Track TRAUMA dalam format CD serta Kaset. Ketika mendengar, Flesbek Band Death Metal Legendaris ini begitu panjang menuju sekarang.

Agresi Jakarta Death Metal seperti tidak mengenal Kata Stagnan, Jika Ibukota Indonesia ini masih menjadi Gudangnya band2 metal setelah Bandung, LOST ANOTHER melakukan Destruksinya dengan debut full pertama mereka “ Agenda Kehancuran “ Via Xtreme Records. Death Metal Brutal cepat masih menjadi Opsi Kuat dalam Musikalitas yang mereka tawarkan. Dari Geliat Pasuruan berikutnya ada penjagal barunya, BLEEDING OF CAMELIA dengan Ep “ Anomalies Multiple Organ “ via Cannibalistic Records, Brutal Death Metal dengan Bumbu Slam Groovy yang Menyengat ! Stoner Rock/Metal Jakarta, AKSITERROR pun melakukan Invasi Idealis tersendirinya dengan CD pertama “ Aksiterror “. Ada Kemudian nama SAKRAL dari Ciulengsi mengusung warna Symphonic Gothic/Black Metal dengan full album pertama mereka “ Utusan Tuhan “ makin menambah Warna Tersendiri saja Genre Musik Tanah air

SEPTEMBER

September Slaughter dibantai dengan Kembalinya Band Death Metal Brutal lawas DRAMATIC VIOLENT dengan Ep Terbaru mereka “  Shrines of Hypocrisy “ Via Stillborn Sound sebagai Agresi Militan Death Metal yang Buas Menerjang ! dan ini menjadi catatan serius kala Materi ini ditangani Oleh Enjiner Bule Amrik Terkenal Colin Davis yang dikenal sebagai Gitaris Band Death Metal VILE dengan Imperial Mastering-nya Menjadi Peruntungan Baru bagi Stillborn Sounds menggunakan Jasa-nya, Nice Sound and Package keep Satisfied for Hunger Death Metal Fans ! lalu Death Metal Monster GRAUSIG merilis Kembali EP Kaset yang merupakan Kombinasi dari Materi “ Feed the Flesh to the Beast (EP, 1994) dan “ In the Name of All Who Suffered and Died “ (EP, 2013) dengan Titel Baru “Feed the Flesh to All Who Suffered and Died dirilis terbatas dalam format kaset oleh Zim Zum Entertainment, begitu dirilis dalam beberapa hari Langsung Sold Out ! kemudian dari Kubu Hardcore/Crossover/Thrash Metal terbaik Bandung, GODLESS SYMPTOMS melepas Boxset mengagumkan  “Inilah Negeri Neraka “, sebuah Referensi maju dari band untuk lebih mendekatkan dirinya dengan para Audiens dengan Rilisan Visual. Hadir dengan Kemasan yang SANGAT Memanjakan Sekali dipersembahkan oleh Die Trying Records, Terbatas hanya 100 Pieces ! lengkap dengan Sertifikat dan Tanda Tangan resmi Member band, Exclusive GODLESS SYMPTOMS 4 inch speaker box yang bisa memutar dengan USB/mp3 dan Fungsi Sebagai Radio, Booklet 32 Halaman Perjalanan band, limited GODLESS SYMPTOMS guitar pick, GODLESS SYMPTOMS x Moorage iron knuckle necklace serta GODLESS SYMPTOMS x Moorage iron knuckle necklace, benar2 semakin memanjakan fans Mereka banget dengan Boxset Super Istimewa kemasannya ini.

Dan Industrial/Dark Ambient, Black Metal paling Produktif Surabaya, NICROTEK pun merilis 3 Stuff nya di September ini, Adalah Full album “ Cublak-Cublak Suweng “ dari 4 full albumnya di tahun 2014 termasuk “Kebahagiaan Selepas Mati Split “ dengan Band SIAL, Raw Black Metal Selangor, Malasya dan “Memories in a Mystical Story Split “ dengan NOSTALGIE DEPRESSION, Depressive Black Metal Asal Santiago, Chile. DEATH OF AUTHORITY, Jakarta Grinding devastation kemudian memuntahkan Full Album ke-2 nya “ World at War “ rilis secara Independen dan sangat terbatas sekali. Lalu Blackened Death Metal Kota Gudeq Jogja EXHUMATION merilis Kaset materi terbaru “ Opus Death “ via Morbid Bastard Records yang saat ini telah sold out dari 200 Kopi yang dicetak. Manado Depressive Black Metal, NORTHORN melepas “ And Finally, The End...  “ sebagai Demo Barunya. September 2014 beberapa band dari Genre Sejenis juga merilis karya anyar mereka, Seperti Symphonic Power/Black Metal Jakarta, PERTAPA melepas Full Album ke-2 nya “ The Magic of Supernatural “ secara Independen, Sidoarjo Black Metal, ALAM KUBUR dengan EP “ Takdir Yang Kekal “ juga secara Independen kemudian Funeral Doom Metal asal Bandung, CANDLEGOAT untuk Album pertamanya “Tenebrosa “ via Grieve Records siap memberikan Nuansa Kelam tersendiri diruang Dengar penikmatnya.


Dari Tangerang muncul Eksistensi yang kerap disebut sebagai Lamb Of God versi Indonesia kala SPERMA SYNDROME memuntahkan CD pertamanya “ Born of Hatred “ dengan musikalitas yang Mumpuni serta berkualitas menjadi penjajakan awal karir band. Selanjutnya Death Metal Invasi kembali mengisi September 2014 dengan serangan2 mematikannya, REDUCED, Brutal Death Metal yang dipenuhi dengan Blasting Tempo menjadi yang paling dibicarakan banyak kalangan sebagai Disgorge asal Jember, dengan Promo Series dalam Profesional CD Duplicating adalah Langkah Extra Berani Dismembered Extreme Metal Stuff mengenalkan 2 Track Dasyat Mereka. Dari Surabaya mengeluarkan Stok Metal Penjagal Bengis barunya, EMBRYO GENESIS dengan Demo 2014 yang dilepas oleh Impaled Production mampu memberikan Tonjokan Berani nan mematikan Bagi Fas Brutal Death Metal dengan sentuhan Kuat Slam serta Groovy yang ciamik asli ! dari Indramayu Muncul AMPUTASI VITAL dengan Melodic Death Metal mengenalkan Ep pertama Independen “Ethnic Javanese “ sebagai Taring Tajam mereka di Kancah Extreme Metal ! kemudian DEPRAVED MURDER menawarkan serbuan Maut Brutal Death Metal mengerikan dari Pare, Kediri masih menjadi Ancaman serius dengan Embrio berbahayanya. Promo 2014 yang digarap oleh Endless Torture Records, dan menjadi penantian panjang ngerinya nanti dari mereka adalah Debut CD pertamanya via WAAR Production.

OKTOBER

Oktober Bergetar !!! … Ledakan Hebat Mematikan ketika harus menerima kenyataan jika Materi terbaru dari Cijantung Death Metal Aggressive DEAD CARNATIONS dengan Full album ke-3 nya “ Harmony Hell Decade “ via Extreme Soul Productions menjadi destinasi Serius di CD Player Penikmat Death Metal Liar Membabi Buta, Progres menantang untuk mengenalkan 2 member barunya memang selangkah lebih kejam, meski “ Start The Killing “ masih menyimpan Power yang begitu Awesome ! " Harmony Hell Decade " yang dibesut dengan Materi yang sangat Berani ! music that appears to be completely abstract and aloof initially turns out to be subtly Fastest and rather emotional after listening to it enough to get my brain properly wrapped around it. This thing, on the other hand, works the other way around… it seems a little thinner and more transparent every time I hear it. Is it possible for something to be complicated ! Untuk menepis Habis penasaran tersebut mungkin berikut tulisan gw bisa memberi Gambaran tersendiri-nya. where the impulse to overthrow tradition and make a declaration of creativity has rendered their music a series of barely-related dissonant chords and references to other musical genres ! Well, Antisipasi banget untuk Technical Death Metal Berbahaya dari Bekasi, MURDER OF CHUCKY untuk EP “ Horror Of Bestial “, Aransemen Kompleks dengan Intensitas lebih Menghujam lewat Komposisi Ciamik talented-nya, MURDER OF CHUCKY, yang muda berbahaya siap menjadi Ancaman serius dimasa mendatang ! Perpaduan Antara Siksa Kubur dengan Beneath The Massacre dengan Keganasan Gelap-nya Behemoth seperti menjadi Kombinasi Kompleks ! justifies their technical display by putting intelligence into the songwriting, and makes for one of the style's stronger experiences. Dari Kediri Kingdom, PANDHOWO mencoba eksistensi Pagan Black Metal-nya dengan sayatan Kelam “ Demo 2014 “ dalam format Kaset Terbatas Via Hujung Galuh siap Membawa Kegelapan nyata berdurasi 16 menitan. It’s a truly Natural Darker Whisper !

Dari Makassar Memenggal Statemen resmi Mereka tentang karya-karya HIGH VOLTAGE terbilang cukup berani keluar dari pakem-pakem Grindcore yang secara monoton dengan mencoba mengeksplor pola-pola lain seperti Hardcore, Punk, Thrash Metal dan Death Metal disertai lirik-lirik mengandung tema kritikan terhadap lingkungan sosial, peperangan, bencana alam, pemerintahan dan peperangan dengan dimaksud untuk mengingatkan kondisi dunia sekarang yang semakin terabaikan ! adalah sebuah Bentuk Refleksi Nyata dalam Sinkronisasi Idealis mereka yang dikemas dalam EP perdana " High Voltage " secara Independen 100% menawarkan tamparan yang Sangat Keras Bagaimana Salah Satu Talenta Cadas Asal Makassar cukup Surprized banget penampilannya melalui 8 Track yang dijadikan Amunisi EP ini. Well, Contrary to what many people think (especially those who aren't into grindcore), the genre isn't about simply playing as loud and fast as possible without having song structure, or songs at all for that matter. This album meets and exceeds the criteria of a great grindcore release as outlined above is one that brings the sonic violence and intensity without sounding sloppy or haphazard, but sounding calculated and precise !!! Setelah Terpendam Terkubur beberapa Tahun, Akhirnya Sebuah Idealisme yang mendarah daging dari Seorang Metalhead tidak dapat Terbendung lagi saat jiwanya mulai berontak untuk Mengatakan " STAY METAL ", diantara Perubahan Kehidupan yang tidak sama lagi dengan sebelumnya lengkap dengan segala Tuntutan Baru-nya sebagai Manusia. itu Bisa Gw gambarkan untuk Sosok Gitaris, Arif Hidayatani yang kita kenal sebelumnya adalah Gitaris Band Brutal Death Metal Pioner asal Kudus, MANTRA ! Yaa, setelah band ini lama Vakum dan tidak dapat bersatu kembali, mengindentikkan realitas dengan sebuah ide hingga akhirnya memutuskan Gitaris Arif untuk memulai Karir Barunya bersama CROWN OF RAGE ! tetep Konsis mengusung Elemen Kuat Death Metal, band ini akan menawarkan sesuatu yang tidak akan kita duga sebelumnya, bagaimana idealisme absolut sebagai sintesis dari pandangan idealisme dan obyektif kemudian melahirkan Sentuhan yang lebih berani dari Kebanyakan orang mengenal dan Memainkannya. Racikan Beracun antara elemen Cannibal Corpse Riffing, Intense Blastbeat In The Vein Deicide serta Epic Death Metal Modern Style siap memberikan Suntikan Darah Baru bagi Death Metal Movement Tanah Air Khusus-nya. Just imagine a hideous beast whose presence emanates a foul, stomach turning stench, and whose dismal sight is surely to provoke severe vomiting, or else, violent seizure. That is what the riffs would appear like if they were ever to take tangible form.


Salah Satu Shredder Metal Kompleks dengan Klaim tenang-nya sebagai “ Stress Metal “ dari Fuad Safrudin aka FUAD MONSTER - nya LORD SYMPHONY, Epic Melodic Power Metal Keren asal Solo. Selain sibuk dengan Full Band-nya, Gitaris Fuad Monster juga terlalu asyik menikmati Produktifitas Proyek Solo-nya untuk mengerjakan Bab Berlanjut untuk “ Metal Planet “ nya yang Tahun 2014 telah Melompat Bab ke- 19 meski Sebelumnya Pada Bab 10 saja ? Sebagai Musisi Kreatif dan Produktif tentu Luapan Inspirasi-nya seperti ga terbendung yang akhirnya tercurah pada Proyek Solo, Shred Harmony yang cepat dengan Solo-solo Melodius telah membentuk Karakter Natural-nya. Metal Planet Part 19: The Journey to Glory Will the Appreciate the Madness Harmonization. Salah satu Legendaris Heavy Metal Terbaik Bandung yang namanya sangat Membahana di era 90-an dimana Festifal Rock Log Zhelebour telah Mendongkrak Populeritas namanya, RUDAL memutuskan Reunian kembali meski hanya dengan 2 Member Asli yang Tersisa. Mulai menjajah beberapa Panggung Kembali menunjukkan Reaksi Panas sendiri untuk Fans Musik Era 90-an Kembali mendengarkan Materi Lama Mereka “ Slitting the World “. Sebelumnya hanya diproduksi dalam Format Kaset, Permintaan Fans kembali meledak saat Kerinduan Mereka harus terbayar saat Boomet Production Me-Mastering Ulang Materi “ Slitting the World “ untuk Kemudian dirilis dalam format CD-nya. Gempuran Heavy Metal yang ganas lebih menampilkan Kekuatan Speed/Thrash Metal di Masa-nya yang begitu Memorable !

Eksistensi Perkasa Salah Satu Veteran Death Metal Bentukan Willy (Ex. Delirum Tremens & Funeral Inception) KERANGKENK akhirnya Mewujudkan nyata Obsesi Band sejak dibentuk tahun 1994 menjadi bukan perjalanan Karir yang sebentar saat “Onslaught of Psychopath “ Via Rantai Production menjadi Bukti Mengerikan jika Matang-nya Eksistensi mereka harus terbayar untuk 9 Materi Super Matang-nya demi memanjakan Bagi Fans Fanatik Suffocation dan Deicide ! as it is sandwiched in between these two extremely highly regarded albums. It contains the brutal tones of the former whilst adding in some of the melody of the latter in an attempt to create something that was the natural progression from their debut. Selama Setengah jam lebih Death Metal Fanatik akan terbius menikmati Konsentrasi Materi yang Sangat Matang dengan Sajian Sound yang Amazing ! In truth, this is a release that packs in a huge punch, although not quite as much as their monolith debut. Sementara dari Bogor, Hawa Kegelapan akan Menjadi Antisipasi Berbahaya untuk Eksistensi Matang Sejak Tahun 2010 bagi Gothic Black Metal Esensial KEDJAWEN menampilkan Obsesi Utama-nya dalam sebuah Full Album yang mencekam, “ Beyond Your Fears “ adalah Kumpulan Harmonisasi Simponi terbaik Band setelah beberapa Rilisan awalnya. compensated their lack of dexterity and vision with their versatility and open-minded musical tastes. Patut berbangga juga untuk penampilan Mengerikan Band ini dengan Struktur musik yang Dinamis, Mencekam dan Sophisticated ! build extravagant and original symphonic compositions, making sound pretty fine even the slowest “atmospheric” parts and really expressive and the keyboard lines work as a “complementary” element, delivering a perfect blend of both elements. Kegelapan Masih begitu Menyelimuti dengan “ Kill Your Memories with the Pain “ yang adalah Pertemuan antara Konspirasi Hitam Black metal asal Sidoarjo, HELLVETE dengan Ambient/Depressive Black Metal NAZAROTH dan Depressive Black Metal asal Chile, NOSTALGIE DEPRESSION yang menarik Interest Label Asal Jerman, Winterwolf Records untuk Membantu Konspirasi Jahat ini. simplistic nature and give the album a very organic and natural feel.

Kegelapan seperti mulai Terus mendominasi bulan Oktober dengan Beberapa Band Berkonsep Hitam, SOREM, Black Metal asal Probolinggo kemudian Berbagi Konspirasi-nya bareng Blacker asal Netherland, INFESTIS untuk Split “ Manifestation “ yang dirilis Sangat terbatas oleh Roh Jahat Production. Dari Jakarta, salah satu Veteran Band sejak 1999, CROXOUS berhasil merilis full album ke-2 nya “ Lahar Panas “ adalah Progres Eksistensi Mereka sejak album Pertama “13th Agresy War Against Satan “ masih kental Menyuguhkan Warna Black Metal dengan Balutan Thrash Metal Riff yang Kental. is definitely something that would be worth checking out unless your deeply entrenched within the traditional raw style that first typified this music ! Berawal dari One Man Project Black Metal asal Banjarmasin, OT PARVUS kini menambah 1 member-nya untuk menorehkan EP “ Sang Pedjoeang “ sebagai Eksistensi Serius-nya. Dari Palembang, FREEDOM menjadikan “The Evil Darkness “ Konspirasi Barunya bersama dengan Kediri Blacker XICYOUS, Kudus Blacker MISENTHERION dan Melodic Black Metal Bogor, HELLUCINATION sebagai Konspirasi Paling Jahat meski dirilis sangat terbatas sekali oleh Mindless Production.

Bulan Oktober dilengkapi lagi kemudian dengan Beberapa Rilisan yang cukup menawan hati dari CADAVER, Passion sebuah Eksistensi Berkarya memang absolut sekali Kaitannya bagi pelaku seni musik yang begitu menikmati Idealisme dalam berkarya, bukan saja menjadi dokumentasi, tapi juga sebuah Obsesi diantara Kreatifitas saat masih begitu mendidih-nya semangat meski sebuah Kesuksesan itu tidak hanya dibangun dari passion belaka. Ada unsur-unsur yang lainnya. Mulai dari kerja keras, networking, manajemen yang baik dan sebagainya. Passion hanyalah sebuah pencetus awal dan Masih banyak hal yang perlu dilengkapi jika ingin meraih sebuah kesuksesan, karena pada Konkrit-nya "passion" adalah lebih dari sekedar Sikap " Suka " saja. Well, sebuah Presisi Nilai yang begitu Kuat kerap menjadi Kontradiksi-nya tetap menjadi Catatan penting Gw selama Mengikuti perkembangan sebuah Band dan Musiknya. “ The World Under Terror “ adalah Etos Death Metal Band yang harus kalian Lirik Kualitas, Skill dan aransemen Musikal menamparnya ! Yess, More Variation Death Metal Assault with more relentless drumming, vicious guitar work and that just utterly unmistaken groove these guys have patented in the genre, highlighted during break mid-way through the song where it just ups the brutality and lets loose with abandon, intent on letting the song title come to fruition no matter the outcome or severity of their attack. Ada sepercik Harapan baru untuk rilisan ini dinikmati oleh lebih banyak Death Metal Fans setelah sebelumnya dirilis terbatas dalam format kaset pita, dengan beberapa materi isi berbeda, just Prepare CD ini akan memberikan Sajian Fresh Death Metal musik yang lebih dinamis pokok-nya. just absolutely devastating work here and makes for a great song overall. Lalu PIPIS DI CELANA seperti menjadi Fenomena tersendiri untuk Perkembangan Genre Metal menjadi Lebih terdengar berbeda dengan suguhan Enerjik mereka yang didukung dengan produksi Maksimal Meski ditangani secara Swadaya lewat label mereka sendiri, Pesing Records, “ Out of the Box “ Menjadi Rilisan Menantang dan Paling Berani dengan Eksistensi-nya. Mendengar Karakter Musik Unik pula yang ditawarkan, meski terdengar sangat Complicated dengan berbagai Sentuhan Cadas, sehingga Band ini juga sempat mengklaim sebagai " Undefined Metal " Atau Mungkin sebagai Bentuk lain dari " New Wave of Indonesian Heavy Metal ", Tidak berlebihan jika PDC masih menawarkan Suguhan yang Kompleks dengan beberapa Genre, semakin Menambah Warna Variatif Perkembangan Musik metal Tanah air meskipun PDC bukan band yang pertama mungkin. Sejak Memulai Band ini sekitar Tahun 2008, PDC Mencoba menawarkan sesuatu Yang " Berbeda " dari Kebanyakan band metal yang ada, karena Bagi mereka mengangkat jika sebuah Konsep hanya akan menjadi Penyekat dan Belenggu Berkreasi, Alhasil inilah PDC, dan Buat Yang Penasaran bagaimana sih Konsep Band ini sebenarnya? Baiklah, Mungkin Gw Bisa memberikan sedikit Gambaran tanpa harus Menjudge adanya Clone beberapa Pengaruh, PDC ini seperti Mengusung Karakter Kuat-nya Avenged Sevenfold Era " City Of Evil " yang merupakan Perpaduan 2 Karakter Kuat antara Metallica dan Iron Maiden. Kemudian Sentuhan Keyboard elemen yang lumayan Menciptakan elemen Gothic Metal-nya lebih Epik meski beberapa Kali Melahirkan Trance Floor Style serta Breakdown Beat Yang berat, Alhasil Gw Ga bisa Mematok untuk 1 Nama, Karena ada berbagai Nama yang mungkin PDC Coba Kombinasikan dengan Karakter Unik. Interested Metal intensity with an adventurous spirit, the drama and darkness of moves effortlessly from his powerful Multiple Character punch to thick cascading melodies, from loud and fast to epic.  The type of band i've mentioned is common in our day and age and the ones that survive are the ones that are able to evolve and create their own unique formula which encourages evolution.

FOR INFIDEL dengan “ Manifest Genocide “ menjadi Band dengan Konsep Jakarta Thrash Metal yang Cepat dan Liar serta Survivor banget ketika mendengar CD pertama yang dirilis Oleh Playloud Records menjadi Testimoni terakhir sang Mastermind Band, Bondie Destiant untuk menyerahkan kemudian pada formasi baru FOR INFIDEL untuk kembali menjajah beberapa Panggung saat ini. Karakter Old School Thrash yang Masih begitu enerjik ala Dark Angel, Exodus serta Sadus mereplikasi Kekuatan Baru dengan Handle Agresif dapat menggambarkan materi didalamnya. the band played tight while presenting the coherent song material. The tracks themselves showed a multifaceted picture and they benefitted from a Raw and powerful production. Lalu dari Bandung, EJACULATION memulai Kembali Agresi Ke-2 nya dengan Promo Demo 2014, masih mengusung Brutal Death Metal yang Siap Menggetarkan Nadi dengan Permainan yang lebih Intens dan Matang.

NOVEMBER

NOVEMBER TO DISMEMBER !!! bisa jadi menjadi Ungkapan Bulan November 2014 sebagai Bulannya para Pembantai Extreme Musik semakin Bertingkah Liar dan Edan ! Pembantaian Mengerikan ini Boleh gw Mulai dengan Fantastis rilis dari HELLHOUND, Brutal Death Metal Sadis asal Malang, Memang Telah menjadi catatan Gw sebelumnya, Jika Salah satu Karya Band yang harus Kalian Antisipasi ditahun 2014 sekaligus menjadi Penutup tahun untuk menjadi The Beast Masterpiece ... HELLHOUND ! high-speed, Bestial songs, and a kind of pummeling attack on the listener, though this is more fleshed out combines such prevalent brutality, speed, Neo-Classic elements, a bit of technicality, would manifests his true skill !!! Sejak Materi " Promo CD 2014 " sebelumnya, Gw Gadang2 nih memiliki Kekuatan Death Metal Yang Luar biasa Buas dan Jahat ! Meski saat itu gw cuman ditawari 2 Track saja, Namun Prediksi Materi Keseluruhan Hellhound ini tentu sangat Berbahaya untuk diantisipasi, Sebuah Liturgi Cerdas Mencekam dengan Brutalitas tanpa Batas ! Konsepsional Musiknya sendiri adalah Pertemuan New Wave Death Metal Talented dengan Skill Extra Dinamis, Boleh gw Bilang mungkin ini adalah Perpaduan Jahat antara Necrophagist, Obscura, Disavowed, Nile, Fleshgod Apocalypse serta beberapa Sentuhan Jahat Deicide ! namun secara Musikalitas Hellhound coba lebih menggali Potensi nyata dalam Obsesi Menggeber Death Music Music yang lebih Menggigit dengan Warna Tersendiri ! sehingga " For Whom You Pray " seperti menjadi Rangkuman panjang paparan perjalanan Musik band dengan mencoba menambahkan beberapa aransemen orchestral yang lebih memberi nuansa dark juga di perbanyak untuk menambah aksen neoclassical disana sini, well tentu statemen gw ini akan membuat Rasa Penasaran kalian tentang bagaimana sih Dasyatnya Konsep Hellhound di full album pertama yang dikerjakan dengan Maksimal ini? Karena ada banyak Kejutan didalamnya, delivered the same subject matter, with much more musically accomplished results, those bands crafted terrifying atmospheres without relentless heavy impact ! Sajian Musikalitas yang extra Dasyat dari Hellhound, apalagi suguhan Sound yang Kickin ass, Nice Beauty Solo serta Komposisi Death Metal yang akurat serta Penulisan Lirik Berhias Sarkatis akan membawa kita seperti didalam Dimensi Nyata Kehidupan Manusia, " For Whom You Pray " The Beast Masterpiece Killer ditahun 2014 rujukan Brutal Infection Records ini, Surely we have gathered it was probably more innovating in terms of extremity, rather than atmospheric or anthemic quality. Ya Jika Kalian Adalah Death Metal Freak Pengagum akan Kualitas tanpa batas, Debut paling Gress Brutal Infection Records ini tentu amat sangat Gw Rekomendasikan sekali untuk menjadi tantangan Mengerikan Kalian saat ini ! more of muscle than malevolence. And though it's a potent enough establishing shot for the diabolic melodrama of the band's incendiary, infamous career, the Devastation and sanguine ripples of its wake are more poignant than the Great Source ... NEVER ENDING ABSTRUSE DIVINE CONUNDRUM !

Selanjutnya adalah DIRTY INFAMOUS, salah satu Death Metal Commander Berbahaya dari Jember Scene ini menunjukkan Awal Kebangkitannya lagi untuk siap mengerjakan Full Album Barunya di Brutal Infection Records, dan Sebagai Pemanasannya, Waar Productions Merilis Kembali “ Die On Pure Adrenalin “ dengan Artwork Baru ! Fantastis memang Metalhead Indonesia Mengenal " Die on Pure Adrenaline " Sebagai The Famous Masterpiece yang masih banyak mengundang decak kagum sejak pertama kali perilisannya Tahun 2003 Dalam Format Kaset oleh The Famous Horrify Label Indonesia, Rottrevore Records pada tahun 2003 yang dalam waktu tidak lama langsung Sold Out dan kemudian menarik Minat Label Asal Czech, Bizarre Leprous untuk merilis Re-Issue-nya dalam Format CD 1 tahun kemudian dengan Artwork yang berbeda dan lagi-lagi Rilisan ini seperti Hipnotis mematikan dari Trio Grinder berbahaya asal Jember untuk kemudian sold Out dan menjadi " Rare Stuff "  yang terus menjadi Hunting list para kolektornya, sebelum akhirnya Sebuah Kebijakan baru harus diputuskan oleh salah satu Label Brutal Produktif serta potensial tanah air saat ini, WAAR Production untuk menyelamatkan " Asset Terbaik " yang pernah menjadi Bagian dari Death Metal Movement Indonesia ini Siap dapat dinikmati Kembali bagi Generasi selanjutnya. Paling Menjadi Catatan Fenomenal bagi Perkembangan scene Death Metal Negeri ini, disaat banyak band masih terlalu asyik mengutak atik Lagunya Suffocation dan Cannibal Corpse sebagai Stereotype Influence wajib, Dirty Infamous malah Menggeger-kan mengusung Warna Californian Death Metal Straightforward sadis in The Vein Disgorge, Severed Savior dan Deprecated dengan Guttural Vokill Identik-nya yang memang kala itu (Dengan teknologi & Skill yang ada) terasa Impossible Untuk memainkannya, sungguh membuat Terapi Magnet mengejutkan for all metalhead saat itu pokoknya. Watchtower in what can be charitably called one of the biggest about-face turns in death metal in recent memory. Ide memulai Kegilaan ini sudah dimulai sejak Tahun 2001 dimana Ifan & Sugeng dari Band Demonic kemudian disusul bergabungnya Looth Adler (Ex. Evillive) & Gitaris Firman (Ex. Desecration) yang sudah memiliki Pengalaman mumpuni di Death Metal Jember Scene bergabung dalam barisan Demonic mulai membentuk Gebrakan Paradigma baru yang lebih berani lagi memainkan Konsep Brutal Death Metal lebih Berdarah-darah, hingga akhirnya Demonic Mengganti namanya menjadi Dirty Infamous pasca 1 tahun Member Sugeng Mengundurkan diri karena alasan Keluarga ( 2 Bulan sebelum rekaman materi EP " Torpidity to Extinction of Breed " di Bandung ). 3 lagu dalam Demo " Their Minds Was Raped " menjadi Senjata pertama mengejutkan Indonesian Scene ! disusul kemudian dengan EP " Torpidity to Extinction of Breed " yang dirilis oleh Fetid Records dan Kemudian dirilis kembali oleh Scream of Agony Production ditahun 2004, Nama Dirty Infamous semakin dikenal Publik Luas dengan Konsepsional Dasyat-nya dan Menjadi lebih harum lagi saat Rottrevore Records secara Eksklusif Meminang band ini dalam Roster-nya serta menawarkan Proses Rekaman yang lebih " Kickin Ass " di  K Studio, Jakarta sebagai progress Sound Band yang lebih Gila lagi 8 Bulan setelah Materi " Torpidity ... " Memikat hati bagi Alm. Rio, Well memang dari full album pertama inilah kemudian nama Dirty Infamous menjadi sosok Monster Death Metal Mengerikan dari Jawa Timur Horde.

Mencengangkan Memang Debut Rilis Potensional Band Metal keren asal Semarang, VORBLEED untuk “ Book Of Genesis “ nya. Vorbleed Sophomore Metalcore Talents from Semarang Removing A lot of The Sheer Aggression Which Might Turn Off New Listeners. Instead Leaving The Thrash Beat and Double Bass for Punctuating Moments Rather Straight Forward ! Berani Beda itu Luar Biasa ! Terlalu Menjadi Epidemi Kontrastik saat Stereotype Style dalam bermusik menjadi Peperangan Hebat didalam Idealisme Musisi untuk mengejar Sukses yang sudah ada, sehingga banyak dari mereka seperti melupakan Jatidiri serta potensi sesungguhnya dari diri sendiri malah lebih hebat dari sesuatu yang ingin Kalian " Ikuti/Samai ", hal ini yang menjadi pemandangan Klise jika harus dihadapkan dengan Instanisme berkarya. so udah saatnya memang kita harus lebih Open minded dengan segala sesuatu yang Baru, Surprize serta berani tentunya mendobrak Paradigma statis dan menambah ragam warna Musikal perkembangan Musik ditanah air khususnya. VORBLEED, sepertinya bakalan menjadi Hipnotis baru dengan Karya berbahaya-nya yang memang tidak diragukan jika Official Twitter Label Metal Raksasa Internasional, Metal Blade Records pernah mengatakan jika " Vorbleed Probably Some Of The Best Stuff I've Heard from Indonesia ! ", sebuah Atensi yang menambah poin plus akan kualitas bermusik yang sangat pantas diperhitungkan memang. apalagi Statemen gw ini kemudian diamini dalam sebuah wawancara band yang mengatakan " kita bikin musik ga instan, semua aspek dalam musik bener2 mateng dan di pikirkan dengan baik dan maksimal baik Dari segi musikalitas, sound, lirik, konsep album. Materi lagu dalam " Book of Genesis " punya originalitas, punya signature, tidak cacat harmonic di musikalitasnya, ga asal distorsi. Semua chord gitar memiliki harmonisasi yang sempurna. Untuk tema lirik sendiri Intinya adalah sosok yang membangun sebuah reality baru, the darkness reality " nah makin Bikin Pendeskripsian yang klopping bingitz. Truely, " Book of Genesis " memang mencengangkan tanpa Omong Kosong Yang kembali dapat dinikmati lebih luas lagi sejak dirilis secara terbatas sebelumnya pada 2014 lalu ! Distributor Stuff Metal Terbesar di Indonesia, HITAM KELAM telah Mengemasnya lebih baik lagi dan siap memanjakan full untuk kalian pecinta Kualitas tanpa batas !


WARKVLT memulai Pemanasan Full Album pertamanya nanti sejak Menggunakan nama Warkvlt setelah Bereinkarnasi dari Nama Awal sebagai IMPISH, “ Maju, Serbu, Serang, Hancurkan !!! “ foreplay yang tepat untuk mengawali pengenalan materi baru-nya. dengan mengusung konsep War Metal yang kemudian Band ini mengklaim tetap Konsep-nya sebagai " Nusantara War Metal ", tema Peperangan telah berubah dari tema Kelam jelas tergambarkan sebagai Kultur Pemberontakan melalui musik, meski gw tidak banyak mengetahui kapan munculnya konsep ini pada awalnya. memuat 1 lagu baru serta Video Live Perform lengkap dengan 2 Video Clipnya. cukup menjanjikan mereka bersiap Melepas Full Album " Merdeka " nya. tetap Konsis mengusung Konseptual War Metal yang Intens dan Cepat, Warkvlt Masih menjadi salah satu Band yang sangat diperhitungkan digenre-nya saat ini. Some people may interpret only noise and say that it is a musical aberration. It may be, but for an unknown cause it still sends chills down my spine for its insane, and cryptic atmosphere. If you expect musical virtuosism look anywhere else and how could you possibly make a song more perfectly chaotic and aggressive than the fore mentioned. Ya seperti menjadi pernyataan band sendiri, Secara konsep musik jelas berbeda dari Konsep Impish, Warkvlt mengedepankan dinamika tempo di tiap lagu nya dengan konsep riff lebih mirip pada swedish black metal dengan pengaruh kuat riff Dissection, Marduk, kemudian dibuat lebih 'groovy' untuk sengaja lepas dari pattern baku konsep musik blackmetal pada umumnya dan kali ini lebih bereksplorasi untuk memasukkan konsep thrash metal lawas yang juga kadang banyak disebut proto blackmetal sehingga lagu lagu Warkvlt kebanyakan berdurasi lebih pendek serta langsung tepat pada sasaran, tanpa adanya kesan basa basi. Penyajian Musik yang cenderung cepat masih dapat dinikmati setiap Komposisi dan Pattern Lirik-nya meski Beat Drum Sangat Barbarik ! is utterly bursting with evocative and extraordinary characters, events and settings, not unlike one would come across in the epic and War literature takes so much from Like the life of our universe that was spewed forth from the black void of space and eternity in a chaotic and violent, yet hauntingly beautiful explosion !

Perilisan ulang stuff justru memang tanpa sebuah alasan, Karena pada pertama rilis-nya Stuff telah sold out, sementara fans masih begitu memburu-nya sebagai koleksi, Pihak label dan Band mungkin ingin terus memanjakan dengan kualitas baru tanpa menyingkirkan Kualitas serta Orisinil Stuff, November 2014 kemudian juga menjadi alasan kuat jika “ Sick Vagina Hole “ nya FADIHAT Menjadi Obsesi Sang Gitaris yang kebetulan Owner Dead Rebel Records menyediakan kembali Album full Ke- 2 “ Sick Vagina Hole “ dari Tahun 2002 yang pertama dirilis oleh Unflesh Production dihadirkan dengan Artwork dan Format CD, Old School Brutal Death Metal dengan Sound yang Keren dari Era-nya. Hal Serupa Juga dilakukan oleh Thrasher Veteran Seperti THRASHLINE yang sebelumnya lebih kita kenal sebagai “ Betrayer Perjuangan “ sejak Mengalami Pecah Formasi. Seperti melakukan Daur ulang kembali Materi EP “ Kontrol Sosial “ mereka di Tahun 2004 yang sudah lama Sold Out, THRASHLINE tidak hanya merilis Ulang, melainkan Merekam Ulang materi dari EP tersebut untuk CD “Re-Fresh Re-Thrash For Re-Public “ termasuk Mem-versi Ulang “ Bendera Kuning “ yang lebih dulu Melambungkan Nama BETRAYER pada awal kemunculannya hingga Memecahkan Band ini menjadi 2 Kubu. Ndaru Cs ini sempat diklaim sebagai Kreator-nya Indonesia, dengan Komposisi Thrash Metal yang lebih Easy Listening, Lagu2 THRASHLINE lebih mudah menjadi Anthemic Track disetiap Panggung-nya. “Re-Fresh Re-Thrash For Re-Public “ adalah Wajah baru dari “ Kontrol Sosial “.

“ Riverfall “ Terus terang bagi Gw masih Menjadi Track Epic Bombastis yang pernah Melekat dalam Adrenalin gw setiap Mengingat dan Mendengarnya, dimana Band Metal Indonesia yang memiliki Female Vokal dengan Karakter Vokal Soprano Operatic Kuat yang belum gw temui dari Band Indonesia Lainnya, BLODWEN ! banyak yang menyamakan konsep band ini adalah perpaduan Epic Power Metal dengan Melodic Metal yang menekankan Harmonisasi Epik hampir disetiap Sentuhannya. Sukses dengan album pertama nya “ Black Symphony “, BLODWEN makin Eksis dengan Single keren berikutnya macam “ Riverfall “ itu, dan Kini lewat Label asal Jerman, Crysella Records, Impian Album Ke-2 Mereka “ Winter Falls “ menjadi mimpi Nyata. Meski Menurut Gw Pribadi, BLODWEN belum mampu membuat Tandingan Track Berkarakter Kuat seperti “ Riverfall “ namun dengan “ Running Out of Time “ akan sedikit Lumayan Menggantikannya. Fans Nightwish, Epica, After Forever atau Xandria gw jamin akan menyukai Komposisi band ini. Sementara dari Padalarang, Bandung Brutal Death Metal Muncul HYPOCHONDRIAC dengan Demo pertamanya “ All Your Shitty Word Will Rape Your Self “ siap menjadi Irama yang Mencabik cabik Kejam Tanpa Ampun ! Trio Muda Berbahaya ini siap menjadi perhatian berikutnya. Power Metal saat ini kembali sedang Menjadi Terror baru dalam Scene Tanah Air, Nama ARCHANGEL muncul dari Surabaya Mengenalkan EP “Archangel “ pertamanya menjadi Antisipasi dengan Kualitas dan Konsep Signifikan melalui track ditawarkannya. Setelah Melakukan banyak split sebelumnya, Black Metal Asal Sidoarjo, HELLVETE Merilis Demo 2014 Via Mindless Production secara Super Terbatas saja. Dan dari Belantara Borneo, Tenggarong, Kaltim. Salah satu Band Metal Terbaiknya, KAPITAL Melepas Album Kompilasi sepanjang Karir-nya sejak Tahun 2006 dari 3 Album dan 1 Single disuguhkan dalam 17 Track terbaiknya di “ Teror dari Belantara “. Most songs, catchy lead sections wailing as the songs lose steam and simply sputter out of existence. the album's with best track, as it breaks the mold and evolves into an emotive mini-ballad that sticks with you unlike the other songs on display here.

Di Bulan November, Industrial/Dark Ambient, Black Metal asal Sidoarjo, NICROTEK terdeteksi 4 Rilisannya, “ Ash / Nicrotek - When...Broken Hope Split, Nicrotek - My One Desire My Only Wish Split, Nicrotek - My Suffer Lost Memories Split dan Nostalgie Depression / Nicrotek - Memories of the Past Split “, Sekali lagi decak Kagum mengucapkan Salut atas Eksistensi dengan produktifitas yang tinggi. Dari Kediri Kingdom, SEREIGNOS Menikmati Penantian Panjang sejak Band terbentuk dari Tahun 1998 dengan Debut Full Album Pertamanya “ Total Havoc “ dirilis dalam Format Kaset Pita oleh Label asal Sleman, Evil Prevails Productions. Salah Satu Veteran Blacker Paling Eksis di Scene-nya, SEREIGNOS selama ini telah Memiliki Banyak Rilisannya. Sukses Mengenalkan Promo CD-nya, Brutal Death Metal Dinamis asal Jakarta Utara, SAQAR akhirnya berhasil Memuncratkan Sperma Pertamanya “ Ortodoks “ Via Label Tinta Merah. Band yang kemudian sempat disebut menjadi Rival Serius Untuk Musikal REVENGE atau ANTITHESIS ini menyajikan Setengah Jam Extra Menyiksa lewat 8 Track didalamnya. I can say this album is a legitimate technical death metal release, incorporating very properly done riffs, fast notes and decent solos. Hell, even the breakdowns sound very solid and enjoyable. Nevermore comes to my mind as I'm typing this. FEAR INSIDE, Salah Satu Veteran Death Metal Surabaya Merilis “ Awakening from the Dead - Demo 2004 “, Yaa, Ini adalah Rilisan ulang dari Tahun 2004 Saat FEAR INSIDE Merekam Sampler Track untuk beberapa Media dan Sebelumnya tidak pernah dirilis. Dirilis secara Independen dengan Jumlah Sangat Terbatas, CD ini akan lumayan mengajak Kita ke konsep Band pada tahun 2004, Pure Death Metal Assault ! masih dari Surabaya Scene, Salah Satu Heavy Metal Legendaris-nya, RED SPIDER yang Kini telah Mereinkarnasi Konsep-nya dalam bentuk Thrash Metal yang easy Listening bangkit dari Masa Tidak produktif-nya untuk melepas Debut Full CD Independent Sejak Reunian “ Black Cavalry “, dengan Formasi Terbarunya, band ini telah mengalami Pergeseran Musikal yang Signifikan dibandingkan dengan Konsep awal band. Bagi Penggemar Old Sepultura, Kreator serta Testament mungkin akan sedikit Enjoy menikmati Karakter Anyar dari salah satu Legendaris Heavy Metal Tertua dari Jawa Timur.

CADAVORACITY sebagai Penjagal Baru yang siap Menggilas melalui beat2 Kejam Mencincang Plus Mematikan untuk full album Dasyat pertama yang menjadi penantian panjang Band serta Death Metal Freak yang masih menggilai terror mengerikan Californian Disgorge sebagai sebuah Icon Penting Death Metal Menggilas dalam Perkembangannya, Karena Cadavoracity masih menjadi Ancaman serius Indonesian Death Metal. Tentu Hipnotis hebat Materi " Promo 2012 " telah berhasil Membuat banyak Audience harus mengalihkan Konsentrasi barunya untuk tetap menikmati Terror Ganas yang siap Mencincang ini. Spewed Bastard with little regard for anything other than inflicting pain on the ears, they belch over the music and swamp everything in gutteral effluence. dan Bukan Menjadi perkara mudah jika Talenta Band ini sungguh siap menggantikan nama yang saat ini terlalu menjadi Belenggu Monotis dalam Playlist kalian. Masih Belum percaya sepenuhnya jika Gw Merekomendasikan Band mengerikan ini sebagai Playlist wajib kalian saat ini dan seterusnya? Well, Sambil menunggu debut Full album Mereka, Materi Promo 2014 ini telah cukup menjadi referensi Bagus untuk Kalian Penikmat Brutal Death Metal Kontroversial, Cerdas dan Menikam dengan Hentakan Musikalitas Extra Menghantam plus Guttural Gurgling amazing, So Prepare Everything on this Material is an exercise in sheer horrible brutality - the guitars saw away at your skull, drums pound like hammers, the bass weaves in and out of the chaos with a surprisingly clean tone and provides a gut-wrenching undertow ! Menurut Gw ini adalah Materi yang jauh lebih dasyat seperti apa yang mereka tawarkan sebelumnya, meski Crushed Material Pertama mereka juga sebenarnya yang lebih mengejutkan, Ijinkan Gw menambahkan lagi kengerian Materi baru yang asli menjadi Most Wanted And Waiting Death Metal Stuff with brutality in it's simplest essence, More Fast, then hammeringly sludgy, then blisteringly fast, Urghhhh !!! Nama DESCANE tentu menjadi Siaga Satu untuk menikmati Sajian Amazing dari Technical Death Metal asli Surabaya untuk Demo Ke-2 Mereka di Tahun 2014. Talenta Potensial Band ini wajib ditunggu sekali Materi Full album penuhnya yang gw jamin pasti lebih dari Ngewri-ngewrii sedaap !!! While one may be inclined to applaud this band for the cacophony they have created with this Material, said cacophony is so unmemorable and been there.

DESEMBER

Jelang Akhir Tahun, Gw masih Menantikan Rilisan-rilisan Sadis sebagai Penutup Tahun Paling Keras 2014 ini, dan terjadi saat gw menemukan Stuff Fantastis dari DEMENTED HEART untuk EP “ Different Infinite Equations “,yang sejak awal Kemunculannya Tahun 2000 adalah sebuah Invasi Extra Mengejutkan beberapa Audiens dan Menjadi Topik pembicaraan Hangat. tidak hanya Memainkan teknik Bermusik, namun juga Art/Seni bermusik menjadi sesuatu yang Luar Biasa meski sekilas terdengar Rumit namun Sebenarnya mudah dicerna saat menikmatinya. Tahun 2009 dengan Demo " F.F.F (Fill Full Fall) " Demented Heart berhasil merebut Hati Rottrevore Records untuk Album pertama " Seeds of the Venomous " Pada Tahun 2010 menjadi Karir Awal Gemilang band untuk menjajah banyak Panggung, ya karena Padatnya jadwal Sehingga Demented Heart Harus beberapa kali menunda Materi barunya, sampai akhirnya Akhir Tahun 2014 menjadi Saksi Nyata ke-2 Mereka saat Sophomore Material " Different Infinite Equations " Harus kembali dimuntahkan ! This is executed with such aggression really makes its appeal much more lasting With enough proficiency to evoke envy in the less rehearsed, enough space-like leads to open a wormhole into the beyond, and enough twisting, And Heavy turbulent !!! dan seperti sudah menjadi Penantian banyak Death Metal Fans Dinamis untuk mendengarkan kembali Debut brilian Mereka sejak Sickness Production Membuat Press EP " Different Infinite Equations ". Ketika Banyak pertanyaan dalam Otak kita akan Perkembangan Seni Musikal tiada Batas, kita masih akan terus dihadapkan lagi dengan Perkembangannya yang tidak akan pernah mengenal kata Berhenti pada 1 titik Kepuasan kala Progres Musik itu tetap terus berjalan. Sangat berbangga Kemudian jika Demented Heart Masih terus menawarkan Seni Death Metal Fantastis yang akan mengundang Decak Kagum penikmatnya dengan komposisi brilian ini. Kemasan dan Produksi EP ini juga tidak bakalan mengecewakan Penikmatnya, Art Keren karya Dee Artwork Menjadi Sinergi yang tepat untuk sebuah Masterpiece yang diselesaikan oleh Toteng-nya Forgotten semakin menambah Nilai Plus ! OMG, gw udah Kehabisan Kata untuk secara Jujur memuji Kedasyatan Rilisan perdana Sickness Production ini. Sangat direkomendasikan sekali buat Para Pemuja Sophomore Musickness For those people who enjoy this type of flamboyant display of almost overpowering musicianship, emotionless, bland, mechanical, and lacks any sort of creativity or ingenuity to make it worth really listening to. completely listless parts mixed in with some faster parts that are more technical but have even less energy. Dan masih dari Pare Scene, Debutan Full Pertama Spesial dari “ SUSPICIOUS “ nya  PUKAT HARIMAU Tidak dapat disangsikan lagi jika Bombardir mematikan Pukat Harimau ini sudah Gw kenal sejak " Demo 2009 " serta " Grindcore Meeenn... " EP beberapa Tahun lalu, Sajian Grinding Punishment Asal Pare, Kediri ini memang mencuat dengan Komposisi yang Real Deadly sekali pada setiap Komposisi-nya. digeber secara singkat menjadi salah satu karakteristik Genre yang mereka usung dari perpaduan grinding liar ala Nasum, Gride, Old Malignant Tumour serta Magruder Grind Masih menjadi ancaman serius bagi Moshpit area untuk menjadi blowing area yang Chaotic Response ... Yess !! Pukat Harimau Kembali Meledakkan Amunisi Bom Waktu mereka Sejak Materi " Dead World - 4 Way Split " Dengan Anarkitran, Playing Dead Man dan Nauser via Ckpyngidea Records sudah meledak Massal, en menjadi saat yang dinantikan untuk mendengarkan Full Album Pertamanya, Rilisan Perdana Label Asal Puncu, Kediri, Endless Torture Records akan mewujudkan Terror nyata Sejak band ini membentuk Konspirasinya Tahun 2006. sudah bisa gw bayangkan jika Konsepsional Materi yang matang masih menjadi sesuatu menarik untuk disimak disetiap gebrakannya, ARE YOU READY FOR REAL TERROR ? 22 Bombastic Grinding Track tidak manusiawi siap menggiring kita seperti kedalam medan Pertempuran Layaknya, dimana Pergolakan hebat Kehidupan Sosial harus berperang dengan Ketimpangan, Mengangkat Isu Realita Kehidupan nyata dalam Lirik2 ringan Menerjang menjadi Distorsi Emosional dengan Menanamkan Spirit Crusher masih sebagai Ancaman mengerikan. the increased nuance and songwriting sensibility essentially makes up for the decrease in Grinding Awesome and intensity!!

Ditengah Terjangan Pesat Band2 dari daratan Pulau Jawa, Menyisir talenta berbahaya berikutnya kita tengok dari Samarinda, Debut Pertama dari Brutal Death/Grind Band DEVASTATION dengan “ Tanah Sekarat “ via Soebangsat Records lebih sedikit mengangkat tema berbeda dari Kebanyakan Band Death Metal, DEVASTATION mungkin menjadi Band Death Metal yang peduli dengan Lingkungan, hal ini merespon akibat adanya Illegal Logging di Kalimantan, dimana Penebangan Hutan untuk membuka Lahan Baru telah merusak Ekosistem alam yang mereka maksud sebagai “ Tanah Sekarat “. Dengan Mengkomposisi Serangan Death/Grind yang Dinamis, band ini menyuguhkan Aransemen matang yang telah mereka godok mungkin sejak tahun 2000 yang didukung dengan Kemasan dan Produksi Sound yang Mumpuni. Dari Padang Panjang sendiri ada Unit Berbahaya KUKERTANK dengan materi barunya “ Kill the Aborted Fetus - Promo 2014 “, Brutal Slamming Brutal Death Metal Fantastis, Jika Band bentukan Tahun 2012 memang B.E.R.B.A.H.A.Y.A !!! dengan Struktur musik yang kian matang dan Powerfully, inilah 3 Karya Mengerikan mereka untuk berlaga dan menancapkan taring Tajam-nya di Scene Metal Indonesia makin berbahaya pula ! had better arrangements, but this one has better riffs. Both have good musicianship, but the simpler debut felt like a real band playing whereas this feels like a studio creation. The vocals on the debut were mostly solid, though wholly unmemorable gurgles, and here they are far more interesting, but often distracting and overdone. So yeah, Kukertank changed a lot, and sound like a totally Devastationed band. Tentu Buat Fans Slamming Brutal Death Metal siap menerima referensi Baru playlist band sadis ketika nama-nama dan Konsep Membosankan sudah menjadi Adiksi Sia-sia harus segera kalian Hancurkan dengan Lebih mempercayai Feel serta Indera Dengar kalian akan sebuah Masterpiece yang Berkualitas, So Gw Rekomendasika untuk mencicipi Hidangan berdarah dari Kukertank !


FASIQ, Thrash Metal Kugiran asal Jakarta yang telah membentuk formasi barunya langsung memamerkan Debut full album pertamanya “ Fasiq “ Via Self Mind Records. Meski tidak menawarkan Komposisi yang meledak-ledak, sentuhan dasar Band ini lebih mengocok adrenalin pendengarnya untuk melakukan Aksi Headbang ! Terbang lagi Ke Borneo Island dan Mendarat Ke Samarinda Kembali, untuk Menengok Karya Perdana Mengerikan MALVOMED Untuk CD “ Chain Of Destruction “, Serbuan Fantastis Brutal Death Metal dengan teknikalitas secara Mendasar, sehingga Ramuan Sehat Komposisi-nya Nyata Terdengar sadis Mengancam ! Rilisan Via Sulung Extreme Musick Records ini akan menampar Anggapan Miring akan Potensi Band Luar jawa yang terbuktikan sekali Musikalitas MALVOMED memang Patut diwaspadai. Sajian Brutal Blastbeat serta Melodius solo Guitar Menjadi satu kesatuan Utuh pada Konsep yang mereka Gagas sejak 2009. Masih menghajar dengan irama Brutal Death Metalnya, kali ini Kita coba Tengok debut pemanasan dari MURTAD dengan “ Born To Blood “ Promo-nya, Band Asal Bogor ini sedang menyiapkan Kejutan mereka di tahun 2015 dengan album “ Extirpate the Remaining Breath “ yang pada Press Release label pertamanya, Necrology Records mendapat banyak Kritik akan “ Kemiripan “ artwork dan memancing Reaksi Miring. Meskipun demikian Jangan lupa menunggu debut dasyat buat Kalian Fans Fanatik Blastbeat Content !

Ada yang menarik kemudian datang dari Progressive/Pagan Black Metal Asal Jakarta, FROMHELL, yang debut albumnya dirilis oleh label asal Jerman, Naturmacht Productions menampilkan title Menggunakan Kapital Huruf Kanton “ 巫峽 Dynasty “, karena asumsi awal orang belum mengenal nih band bisa dianggap bukan dari Indonesia seh hehehe … Band Proyek dari Drummer Derrick Prawira-nya VALLENDUSK menyuguhkan sesuatu Idealis menarik untuk kita simak disetiap jengkal Aransemennya. Menjadi Band Paling Produktif dalam berkarya membuat HELL SKUAD segera melengkapi Discograpy mereka dengan sebuah Rilisan Video DVD telah direncanakan Jauh jauh hari, sebuah Dokumentari Video sepanjang karir Band pun dirangkum dalam sebuah DVD bertajuk “ A Rockumentary - 3 Years Tortured in Slam “ yang dirilis secara terbatas oleh East Breath Records. Dari Manado, One Man Project Depressive Black Metal, NORTHORN melanjutkan kembali eksistensi-nya dengan Demo “ Momentum “, sajian Irama Depresif masih menjadi Konseptual band untuk melebur diri dalam Kesedihan, sangat tidak menjadi rekomendasi buat Kalian yang Sedang Galau untuk mengkonsumsinya. Sementara NICROTEK berbagi Space Disc dengan Sweden Gothic/Doom Metal, WINTERCOLD untuk Split “By the River of Silence & Inner Peace “ via Salute Records ditambah dengan “ 5 Ways to Walk in a Gloomy Darkness “ bareng NIEMALSLAND, NORTHORN, SLOW AND PAINFUL MENTAL WOUNDS dan SETT menambah daftar panjang rilisannya.

Rupanya Dimensi Kegelapan Bersiap Menutup tahun dengan Rilisan-rilisan kelam berikutnya, SEREIGNOS melakukan Split-nya dengan Black Metal asal Malasya, VENEMETH dalam Split “ Easternic Tyrannical Duobolicults “ Via Label asal Negeri Jiran tersebut, Diabolicurst Productions. Split Hitam yang ampuh menambah gelap Atmosfir bagi Penikmatnya. Menambah daftar Pekat-nya “ Destroy “ milik HELLUCINATE, Black/Death Metal Barbaric Band asal Jakarta yang dirilis secara Digital, memang makin memberikan Nuansa yang bener2 Gelap mencekam ! Namun Beruntung kemudian jika masih ada secercah Cahaya datang dari “Failed Transcendence “ nya FADHALIUS, Progressive Folk/Gothic Metal asal Jogja yang memberi Sekat Indah diantara dimensi ini, dengan Pesona Musikal Dinamis dan Inovatif menyuguhkan track yang menghantar Mimpi sekali bentukan Taleted musisi-nya.

Menjadi Orang Paling sibuk sekali, tidak mengurangi Semangat Bagi Owner Brutal Infection Records, Alfan Avero menambah kembali Kesibukannya dengan membentuk Proyek Band bernama LIVILIUM bersama Gitaris Krisnanda Yusuf dari Band DESMODUS mengkonsep Death Metal Jahat dengan sentuhan yang Lebih Gelap menjadi perpaduan antara Deicide, Mass Infection dengan Visceral Throne, Duo Project ini siap menambahkan Karakter Baru yang mungkin masih sedikit dilirik Musisi Kita dengan terlalu didominasi dengan warna2 yang Sudah ada. Well Ancaman Serius Kedepannya dari LIVILIUM patut diwaspadai ! constructed some riffs that were truly unbelievably awesome on every aspect. The rhythms are heavy palm muted chords and notes that are hyper fast and technical. They're in standard guitar tuning on this one and it fit perfectly with the music. All songs deserve praise because they're so amazing, technical and demonic. Everything from a death metal oriented release that can't possibly go wrong. Serasa Ga Mau Tertinggal jauh, Jakarta Thrasher Militan  ORACLE mengenalkan 1 track barunya sebagai Single di akhir tahun “ Pencerahan Satu Mata “ Plus 2 Track lainnya secara Independen.

REVIEW LOSTINCHAOS

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang FREE TO SHARE, semua buah pikir dan Pendeskripsian style musik band dalam setiap tulisan hanya sebagai penggambaran penulis sendiri dan BUKAN untuk menyamakan apalagi membanding-bandingkan ! (mohon jangan dibolak balik lagi). cukup hanya dengan mencantum-kan Source Review link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi atau kepentingan apapun, jika Gw bilang bagus ya bagus begitu juga sebalik-nya, karena Gw semaksimal mungkin menyajikan argumen obyektif serta fair review tentang sebuah produk yang masuk dimeja redaksi, saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar TERBAIK kalian disini, enjoy the sickness !