VA. 10 Finalis Festifal Rock Vol. 7 CD 1993

































VA. 10 Finalis Festifal Rock Vol. 7
Logiss Records CD 1993

01 Andromedha - Emosi
02 Cassanova - Tengara
03 Pratama Rock Band - Salam 3 Jari
04 Pythagoras - Taksaka Seta
05 Aceh Rock Band - Manusia
06 Scandal Rock Band - Syair Kebebasan
07 Sahara - Dunia
08 Metal Force - Benteng Benteng Raksasa
09 CB Band - Nyi Roro Kidul
10 Lost Angels - No More


Setelah Hilang Hampir 2 Dekade waktu, Kompilasi Festifal Musik Rock paling bergengsi dan memiliki Histori Tinggi dalam percaturan Musik Keras tanah Air yang menjadi festifal Musik Rock yang pertama kali di Gelar di Indonesia atas prakarsa Log Zhelebour sebagai Promotor Musik Rock terpopuler era 90-an. yang dirinya berharap agar ajang tersebut menjadi pemicu bagi tumbuhnya kepercayaan diri musisi rock tanah air untuk membawakan karya mereka sendiri. dan memerlukan lima tahun untuk meyakinkan pihak sponsor Djarum agar bersedia menjadi penyandang dana sebuah festival musik rock yang dicita-citakannya, Djarum Super Rock Festival. Hingga kini festival musik rock telah digelar 11 kali sejak tahun 1984. Delapan di antaranya didanai oleh Djarum sehingga dikenal sebagai Djarum Super Rock Festival (1984, 1985, 1986, 1987, 1989, 1993, 2001, 2004) dan sekali oleh stasiun televisi Indosiar (1996) serta dua kali oleh Gudang Garam (1991, 2007). kemudian Konsep proyek rekaman dengan promosi album berupa konser tour juga menjadi yang pertama dilakukan oleh produser rekaman album rock di Indonesia, Log sukses menggabungkan kemampuannya sebagai promotor show dan executive produser rekaman, dari hasil sukses itu membuat berdirinya Logis Records pada tahun 1989. seperti halnya Proyek Album kompilasi lagu2 terbaik yang masuk 10 besar festifal ini, yang Informasinya mulai digarap pada Vol. 5 -nya dalam bentuk kaset pita menjadi sesuatu yang paling populer saat itu ketimbang format lainnya. dan setelah Lenyap dipasaran, beberapa waktu lalu, Logiss Records kembali merilis Ulang Kompilasi 10 Finalis Festifal Rock Vol. 7 ini dalam format CD yang telah melalui Proses Mastering ulang. hmmm menjadi sebuah penantian yang sangat mengasyikkan buat gw bisa mendapatkan versi CD terbatas khabarnya ini hehehe ... sedikit nostalgia dengan Ingatan masalalu plus berbagi cerita aja ke temen2 untuk tetap mengenang track memorable yang tidak akan hilang ditelan jaman ini. 10 Finalis Festifal Rock Vol. 7 yang di cover lebih ditulis sebagai " Indonesian Crystal Rock Festifal " tahun 1993 yang digelar di Stadion Mandala Krida, Jogjakarta ini disponsori oleh Rokok Merk Crystal sebagai Sponsor Tunggal-nya. yang dari pagelaran akbar ini Logiss Records akhirnya menjaring 10 besar peserta terbaik dari seluruh Indonesia. dimulai dengan

# Andromedha - Emosi

Band Rock Metal asal Surabaya ini kembali Masuk 10 Besar band terbaik yang terjaring disini setelah Andromedha masuk di 10 Besar Rock Finalist ke 5 dengan Tembang " Prestasi " nya, kini dengan Track " Emosi ", band Pimpinan Almarhum Vokalis Pungky Deaz bersama Yoyo PADI serta Gitaris Ipung ( yang saat itu memperkuat Barisan Andromedha sejak Dirinya mengundurkan dari Power Metal ) ini menggeber permainan Atraktif-nya ditrack list Urutan terdepan Kompilasi ini. memiliki nama yang sama dengan beberapa band diluar negeri sana, Andromedha Asli Indonesia ini menggunakan Abjat " H " sebagai pembeda-nya. dengan permainan yang terasa Progressive, komposisi yang ditawarkannya kali ini terasa lebih " Rapi " dan tenang dibanding Enerji mereka sebelumnya yang terasa meledak ledak. Merilis 1 Album " Konser Rock " setelah itu, Andromedha justru lebih populer dan kondang dengan Single " Lamunan " yang menjadi Anthemic wajib para Oldiest Rocker Tanah air. setelah lama mengalami Vakum, khabar terbarunya band ini bangkit kembali untuk meramaikan blantika musik Rock metal kembali dengan formasi terbarunya, kebangkitan Andromeda ini juga disiapkan 9 lagu baru dan beberapa tembang lawas yang diaransemen ulang. Lagu-lagu baru ini dijamin masih bercita rasa Andromeda yang cadas seperti informasi yang gw peroleh dari sumber berita.

# Cassanova - Tengara
Nama Cassanova Band ini bukan yang dari Bandung dengan lagu2 Cengeng Romantisnya loh, kalo yang ini asli dari Kota Gudeg Jogjakarta, memainkan Artrock dengan gaya Vokal Kuat yang melankolis menjadi pertimbangan untuk ke-2 kalinya dapat kembali masuk 10 besar ke-7 ini, sebelumnya Cassanova juga masuk di 10 Besar ke 6 dengan " Jerit " nya, mungkin gw rasakan progres musiknya lebih banyak mengalami perkembangan disini, masih dengan sentuhan gaya Riffing yang Melodius pada solo2nya, tarikan vokal Ananto Wibowo masih menjadi kekuatan kuat dan Khas untuk band ini menjadi tetep yang terbaik. lirik lagu kemanusiaan memang menjadi yang paling Faforite di Ajang Festifal ini ketimbang Lirik bertema Cinta yang cengeng hehehe ...

# Pratama Rock Band - Salam 3 Jari
Dari Kota Bengkulu, Pratama Rock Band berhasil membawa Harum nama Kota-nya setelah Kota Medan dan Aceh masuk dalam 10 Besarnya. dengan gaya Heavy Metal yang kental ala Iron Maiden serta Metallica, karakter Khas Band ini menunjukkan warna vokal yang Signifikan dengan style suara Vokalis tanah Air banget. dengan komposisi musik yang terasa memorable, band ini memang menjadi salah satu legenda di Bengkulu untuk perkembangan awal Musik Rock -nya.

# Pythagoras - Taksaka Seta
Surabaya untuk kesekian kalinya selalu menjadi Barometer Penting perkembangan Musik Rock tanah air di Era 90-an, setelah beberapa nama Besar seperti Power Metal, Andromedha, Kamikaze, etc, kini menambah lagi masuknya 10 besar-nya dengan kehadiran band Art Progressive Rock In The Vein Dream Theatre serta Rush pada typical permainan yang mereka persembahkan dengan komposisi aransemen musik yang bagus, ga heran Band asal Surabaya, Pythagoras hadir seperti sedang menyuguhkan permainan yang Dinamis seperti mereka mengambil rumus sulit bak Pythagoras. lirik Kolosol tentang sebuah legenda masih menjadi Amunisi band yang sempat juga tenar dengan Single " Kasta " menjadi debutan baru artis berbakat oleh Log Zhelebour.

# Aceh Rock Band - Manusia
Sesuai dengan nama yang diusung, sudah ketahuan banget kalo nih band memang asli asal Aceh, dengan mencoba menawarkan komposisi yang lebih cadas dengan Nuansa Thrash/Speed Metal ala Megadeth serta Metallica. gaya Vokal yang lebih menyesuaikan karakter musik rupanya sedikit membongkar Persepsi baru tentang Kualitas vokal yang diperhitungkan dalam penilaian Juri Festifal, coz Band ini lebih menggunakan karakter vokal gahar yang berteriak mendekati Growl hehehe ... permainan Speed Riffing serta Drum yang penuh hentakan cepat, jadikan Penampilan band ini adalah yang paling " Cadas " di 10 Besar finalis ini.

# Scandal Rock Band - Syair Kebebasan
Kemudian dari Kota Semarang, Scandal Rock Band berhasil menembus 10 Besar, setelah sebelumnya Kota ini belum pernah ada band yang masuk dalam 10 besar-nya. komposisi musik yang menarik memang terasemen dengan begitu matang, sehingga progres musiknya selalu menyatu dan Match dengan setiap alur lagunya, Nice song deh en jadi Faforite gw tentunya disini. gaya Hardrock yang Enjoyable memang begitu Anthemic dengan dukungan backing vokal kompak semua member band. gw suka sayatan solo gitar di refrain track-nya, more melodic and Syncronize banget dengan attitude track-nya.

# Sahara - Dunia
Untuk ke-2 kalinya, Sahara Band dapat kembali masuk dalam 10 Besar disini, band asal bandung yang menampilkan Drummer Richard Mutter, sebelum dirinya membentuk PAS band, Richard adalah Drummer asli band ini. banyak mengalami Kematangan berkonsep musik, Richard tetap tampil mengagumkan dengan Gaya bermain drum fantastisnya seperti dirinya menyabet penghargaan sebagai drummer terbaik di Festifal Rock Se-Indonesia Vol. 6 dengan lagu " Bangkit " nya, kini dengan aransemen baru " Dunia ", Sahara masih tetap semakin mempesona memoles lagunya menjadi yang terbaik, pukulan drummer Richard juga No comment banget ! masih mengandalkan pukulan2 dan skill kerennya deh terus juga permain Gitar terbaik Dion Lola dan Bassis Ahmad Sebastio yang menyabet sebagai Bassis terbaik bareng Richard di Vol.6 tersebut. Sahara Band kemudian menapaki karirnya di dunia rekaman pada tahun 1993 dengan album perdana bertajuk Insomnia. band medium yang mempunyai skill dan semangat yang tinggi, tahun 90an adalah tahun yang membuat band ini melejit. namun setelah perkembangannya membuat corak musik band ini cmn seperti mengikuti pasar aja. suasana rocknya dah berkurang drastis. beda pada masa awal2 band ini terbentuk, sangat garang dan ngerock abis.

# Metal Force - Benteng Benteng Raksasa
Yang paling memorable di Vol. 7 ini bagi Gw pribadi adalah penampilan Band asal Ngemplak, Solo, Jawa tengah ini, Metal Force, dengan karakter Kuat Heavy Metal gaya Iron Maiden, Manowar serta Megadeth menjadi komposisi yang mencengangkan juga, apalagi Kualitas sang Vokalis band ini memiliki Lengkingan Octav tinggi begitu khas. aransemen musik yang dinamis menjadi pukulan2 telak tersendiri band ini terdengar sakti pada sentuhannya. Liukan Melodius Part menjadi Susunan Epic yang siap menggetarkan imej lagu band yang konvensional tentang Sebuah Kemerdekaan bangsa, sebuah lirik lagu yang antusias kurang begitu dipahami untuk Dekade musik hari ini kayaknya hehehe ... namun sayang band ini begitu merilis Album penuh pertama " Reinkarnasi " , konsepnya malah berubah Drastis menjadi Lebih bergaya Mainstream Rock, sehingga Nama mereka menjadi begitu mudah ditinggalkan oleh fans. Ironis memang ....

# CB Band - Nyi Roro Kidul
Dikenal sebagai " Family " Band bertalenta, band asal Kediri ini untuk pertama kali mengharumkan kota-nya sebagai band berpotensi selanjutnya setelah masuk 10 besar festifal ini. ( Child Brother ) CB band adalah band 1 keluarga ini adalah band pertama karir seorang Solois Rocker Cewek Tanah Air, Atiek CB memulai karir-nya dari band ini. mengusung karakter tanah air yang kuat dengan " Nyi Roro Kidul ", band ini seperti sedang menghipnotis pendengarnya dengan sayatan musik yang match dengan pembawaan lagunya yang disuarakan oleh Female Vokalis berbakat Ireen Pudia yang Suaranya begitu pas membawakan lagu “Nyi Roro Kidul”. beberapa kejuaraan yang pernah Ireen ikuti. Sebut saja Asia Bagus, Cipta Pesona Bintang, Jenjang Pesona, dll. Entah sekarang. Album terakhirnya kebetulan dirilis pada 2010 kemarin, yaitu “Angel or Evil”. Ini album solo-nya. Nah, di sinilah benang merah antara kisah sang ratu selatan dengan grup band seperti membawa kekuatan magis untuk kita terasa dihipnotis dengan Pembawaannya. namun sayang banget lagi (lagi) saat band ini meluncurkan album penuhnya " Satu Gagasan ", tanpa kehadiran Sosok Ireen lagi, band ini malah cenderung menjadi Band Mainstream Rock yang mencoba selling out dengan pasar yang saat itu mulai dipenuhi dengan Konsep Pop Rock cengeng. walaupun begitu kehadiran CB band begitu sangat mempengaruhi Barometer generasi musik selanjutnya, dengan munculnya U9, Mushroom yang Berhasil memasuki 10 Besar Finalist Selanjutnya.

# Lost Angels - No More
Tentunya sangat asing banget khan nama " Lost Angel " ini buat kalian hehehe, tapi sapa nyangka en ngira, kalo nama inilah awal mula band populer indonesia " BOOMERANG " mulai menapaki karir-nya diblantika musik indonesia dengan konsep musik Idealis-nya. masih digawangi oleh Vokalis Roy Jeconiah, Gitaris John Paul Ivan dan Bassis Hubert Henry menawarkan konsep Hardrock yang lebih liar dengan sound berat-nya. mungkin semua udah pada tau gimana itu Boomerang Musik style khan, sehingga gw ga perlu panjang lebar cerita tentang ini hehehe ... yang patut gw acungi jempol adalah, kalo kemudian band ini masih bisa ngetop dengan konsep idealis mereka yang " Keras " itu seperti halnya Band Jamrud, namun sayang sejak kepergian Gitaris John Paul Ivan setelah menelorkan beberapa album, Konsep Boomerang seperti mulai redup untuk selling Out dengan pasaran apalagi ketika mereka keluar dari naungan Logiss Records.

Jilid 7 festifal ini bagi gw pribadi menjadi yang " terakhir " untuk Logiss Records menawarkan komposisi musik band dengan gaya kuat Rock Metal era -90an karena selanjutnya kompilasi ini kemudian malah di isi oleh konsep permainan yang Mainstream Rock, bahkan alternative musik terdengar membosankan karakteristiknya, sehingga gw mengatakan kalo jilid 5, 6, dan 7 adalah yang paling " Legend " dalam perkembangan dan banyak menginspirasi Generasi selanjutnya meskipun diantara band ini telah banyak meninggalkan kenangan tak terlupakannya. 


REVIEW LOSTINCHAOS

semua tulisan disini adalah Hak Milik LOSTINCHAOS Mediazine yang FREE TO SHARE, semua buah pikir dan Pendeskripsian style musik band dalam setiap tulisan hanya sebagai penggambaran penulis sendiri dan BUKAN untuk menyamakan apalagi membanding-bandingkan ! (mohon jangan dibolak balik lagi). cukup hanya dengan mencantum-kan Source Review link-nya. tulisan disini dibuat dengan jujur tanpa tendensi atau kepentingan apapun, jika Gw bilang bagus ya bagus begitu juga sebalik-nya, karena Gw semaksimal mungkin menyajikan argumen obyektif serta fair review tentang sebuah produk yang masuk dimeja redaksi, saran, kritik dan caci maki, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Keep Metal Flame till' die !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar TERBAIK kalian disini, enjoy the sickness !